The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peralihan Warna Pelat Hitam ke Putih, Korlantas Polri Ungkap Manfaatnya
Ilustrasi. Korlantas Polri mengganti warna TNKB atau pelat nomor kendaraan dari warna dasar hitam menjadi putih. (ANTARA/Andika Wahyu/ilustrasi)
News

Peralihan Warna Pelat Hitam ke Putih, Korlantas Polri Ungkap Manfaatnya

Akan ada chipnya juga

Jumat, 21 Januari 2022 19:27 WIB 21 Januari 2022, 19:27 WIB

INDOZONE.ID - Wacana perubahan warna dasar pelat kendaraan dari hitam ke putih ternyata memiliki banyak keuntungan termasuk di tubuh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Salah satu keuntungannya yakni dalam hal mendukung sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus. Brigjen Yusri menyebut penggunaan pelat berwarna putih bertujuan agar kamera E-TLE bisa menyorot tanpa adanya kesalahan.

"Kita gunakan pelat putih kedepannya agar Automatic Number-Plate Recognition (ANPR) yang ada di dalam E-TLE bisa menyorot secara tepat tanpa ada kesalahan. Karena hasil penelitian ANPR ini lebih mengenal kepada yang dasarnya putih tulisan hitam," kata Yusri dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Yusri menyebut wacana ini akan berlaku ditahun ini. Selain itu, pelat warna putih ini juga memudahkan penggunaan chip berteknologi Radio Frequency Identification (RFID).

Chip itu sendiri memiliki banyak kegunaan yang bermanfaat bagi masyarakat antara lain untuk bukti data pelanggaran hingga untuk E-TLE.

"Chip tersebut memang benar akan ada kedepannya, apalagi sekarang sudah revolusi 4.0. Chip ini memiliki kegunaan yang banyak sekali," kata Yusri.

"Nanti chip ini memuat data kendaraan pribadi. Ada data penindakan bukti pelanggaran dan sebagainya. Kemudian bisa digunakan untuk e-toll dan parkir elektronik," sambungnya.

Lebih tegas lagi, eks Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menegaskan jika peralihan warna pelat ini tidak bermaksud untuk mempersulit ataupun membebani masyarakat.

"Ini semua tanpa membebani masyarakat, tanpa ada biaya-biaya. Kami meminta dukungan sambil kita jalan pelan-pelan tahun ini untuk sosialisasi," pungkas Yusri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US