Sehari Jelang Puasa, Pengunjung Pasar Tanah Abang Membeludak!

- Sabtu, 2 April 2022 | 18:25 WIB
Pasar Tanah Abang ramai pengunjung (Chrisanta Jovita Maureen/IDZ Creators)
Pasar Tanah Abang ramai pengunjung (Chrisanta Jovita Maureen/IDZ Creators)

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah awal ibadah puasa jatuh pada Minggu, 3 April 2022 atau esok hari.  Penetapan ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) sore kemarin.

Sehari jelang Ramadhan, atau Sabtu (2/4/2022), Pasar Tanah Abang nampak ramai, pengunjungnya membeludak. Dari pantauan Tim IDZ Creators, rata-rata pengunjung pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara ini adalah kaum wanita. 

-
Kondisi Pasar Tanah Abang sehari jelang Ramadhan (Chrisanta Jovita Maureen/IDZ Creators)

Mereka nampak berkerumun di toko pakaian muslim anak dan dewasa, perlengkapan salat, sampai berbelanja kurma untuk persiapan berbuka puasa esok hari.

-
Warga berbelanja kurma (Chrisanta Jovita Maureen/IDZ Creators)

Ketika ditemui Tim IDZ Creators, pedagang pakaian muslim bernama Yudi mengaku omzet penjualan barang dagangannya naik signifikan dibanding hari biasanya, juga Ramadhan tahun lalu.

“Kalau enggak bulan puasa atau Lebaran biasanya dagang standar aja ada yang beli hanya satuan atau kodian sehari udah bersyukurlah. Tapi kalau pas bulan Ramadhan begini Alhamdulillah pendapatan cukup naik karena orang beli kan untuk dibagi ke saudara, kerabat atau dikirim ke luar kota juga,” ungkap Yudi.

-
Pasar Tanah Abang disesaki warga dari berbagai wilayah (Chrisanta Jovita Maureen/IDZ Creators)

Namun sayangnya, Tim IDZ Creators melihat banyak sekali pengunjung dan pedagang yang tidak taat protokol kesehatan atau prokes. Mereka tidak pakai masker saat berada di kerumunan dan ketika berinteraksi jual beli.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X