Asosiasi Pilot Maskapai Southwest Gugat Boeing

- Selasa, 8 Oktober 2019 | 13:41 WIB
Sejumlah pesawat Southwest Airlines Boeing 737 MAX 8 yang parkir di Bandara Victorville , California, AS, 26 Maret 2019. REUTERS / Mike Blake
Sejumlah pesawat Southwest Airlines Boeing 737 MAX 8 yang parkir di Bandara Victorville , California, AS, 26 Maret 2019. REUTERS / Mike Blake

Asosiasi Pilot Maskapai Southwest (SWAPA) ajukan gugatan di Pengadilan Distrik Dallas County Texas terhadap Boeing Co. Mereka menuduh Boeing telah menahan informasi penting mengenai fitur yang menjadi penyebab dua kecelakaan fatal pesawat 737 Max.

Southwest adalah operator terbesar pesawat 737 Max yang telah beroperasi di seluruh dunia. Sejak timbulnya larangan terbang, maskapai ini hanya menempatkan 34 pesawat Max dan memangkas pendapatan operasional maskapai, sehingga menyebabkan puluhan ribu pembatalan penerbangan. 

Dilansir dari Reuters, juru bicara Boeing Chaz Bickers mengatakan, kami menghargai hubungan panjang kami dengan SWAPA, kami percaya gugatan ini tidak berdasar.

Saat ini, Boeing dituntut untuk memperbarui sistem perangkat lunak dan memberikan pelatihan regulator agar pesawat dapat beroperasi kembali.

“Kita harus bisa mempercayai Boeing untuk secara jujur ??mengungkapkan informasi yang kita butuhkan untuk mengoperasikan pesawat kita dengan aman. Dalam kasus 737 MAX, itu sama sekali tidak terjadi,” kata presiden SWAPA, Kapten Jon Weaks.

Dia lanjut mengatakan, bahwa Boeing seharusnya mengembalikan performa baik MAX yang dapat dipercaya kembali oleh khalayak, dan diharapkan Boeing dapat mengganti kerugian akibat kelalaian yang dibuat Boeing.

"Akibat pembatalan penerbangan MAX dari awal Desember 2019, para pilot di American Airlines Group kehilangan pekerjaannya," kata Kapten Jon Weaks.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X