Moeldoko Ungkap Ada Pihak Ingin Jokowi Tidak Dilantik

- Selasa, 24 September 2019 | 01:28 WIB
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan adanya pihak tertentu yang tidak ingin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Tuduhan itu beralasan melihat ada pihak tertentu yang menciptakan situasi politik dan keamanan saat ini memanas hingga pelantikan nanti.

“Ada yang mengharapkan seperti itu (menjegal pelantikan),” kata Moeldoko kepada wartawan tanpa merinci pihak yang dimaksud, Senin (23/9).

Situasi yang cukup bergejolak ini direspon Presiden Jokowi dengan memanggil sejumlah menteri, Panglima TNI dan Kapolri tadi pagi untuk membahas masalah keamanan dalam negeri dalam pertemuan tertutup.

Moeldoko memaparkan dalam rapat itu dibahas upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif. "Ada situasi yang menjadi prioritas. Tapi setidaknya, kita ciptakan keamanan agar pelantikan berjalan lancar," ujarnya tanpa menjelaskan situasi yang dimaksud.

Terkait dengan aksi mahasiswa, Presiden Jokowi, seperti dikatakan Moeldoko, meminta aparat keamanan untuk mengawal aksi mahasiswa dan tidak bertindak represif saat mahasiswa menyalurkan aspirasi menolak sejumlah rancangan undang-undang.

"Tadi juga dibahas, kebetulan ada Kapolda dan Pangdam Jaya, semuanya diperintahkan untuk melakukan langkah langkah yang proporsional," ungkap Moeldoko. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X