Harga Minyak Dunia Anjlok, Luhut: Semua Negara Mengalami

- Selasa, 17 Maret 2020 | 07:22 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) jatuh 6% menjadi US$31 per barel pada, Kamis (16/3/2020). Situasi itu terjadi setelah Presiden Donald Trump mengumumkan pembatasan perjalanan ke Eropa dalam upaya menahan pandemi virus corona (Covid-19). 

Meski demikian, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, tetap santai menanggapi hal itu. Menurutnya, realita penurunan harga minyak tersebut juga dirasakan seluruh negara penghasil minyak. 

"Harga minyak dunia ini menurun memang di US$31 per barel. Ya memang jadi masalah, tetapi kan semua negara mengalami, bukan kita saja," ujar Luhut dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/3/2020). 

Meski demikian, kata Luhut, pemerintah belum memutuskan menurunkan harga jual BBM di pasaran. Sebab, dinamika fluktuatifnya harga minyak sekarang ini terjadi sangat cepat. 

Luhut lantas menilai pemerintah akan melihat terlebih dahulu situasinya ke depan seperti apa. 

"Jadi itu soal apakah akan ada penurunan (harga) BBM?, Ini terlalu awal kita untuk memprediksi, karena kita belum tahu nanti kalau Saudi Arabia dengan Rusia damai naik lagi ke atas. Nanti terlalu cepat kita antisipasi itu," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X