68 WNI Kru Diamond Princes Diminta Aktif Laporkan Kondisi Kesehatan

- Minggu, 15 Maret 2020 | 14:27 WIB
WNI ABK Diamond Princess di dermaga Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
WNI ABK Diamond Princess di dermaga Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebanyak 68 orang WNI kru Kapal Diamond Princess dipulangkan ke daerah masing-masing, Minggu (15/3/2020). Mereka dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), setelah menjalani 14 hari masa karantina di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. 

Kepala Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Budi Sylvana, mengatakan, ke-68 WNI ABK kapal tersebut telah diberikan sertifikat kesehatan. Para WNI tersebut juga telah melalui seluruh rangkaian pemeriksaan dan dinyatakan negatif virus corona (Covid-19) maupun penyakit lainnya. 

"Sekarang tinggal proses kepulangan saja. Tes swab juga dilakukan di Yokohama, di Indonesia juga sudah dan seminggu dites lagi juga tidak menjurus ke Covid-19. Nanti di daerah ketika mereka mengalami gangguan kesehatan, kita minta mereka melaporkan," ujar Budi kepada awak media di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok, Minggu (15/3/2020). 

Budi juga memastikan, ke-68 WNI ABK eks kru kapal Diamond Princess itu juga telah diberikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan atau Health Alert Card. Jika nantinya sudah berada di daerah masing-masing dan mengalami sakit, diharapkan para ABK tersebut segera melaporkan ke Dinas Kesehatan terdekat untuk ditindaklanjuti. 

"Mereka mendapatkan kartu sehat. Jika dalam perjalanan, kesehatan mereka terganggu, kita mewajibkan mereka laporan. Sampai hari ini tidak satupun yang menjurus virus corona," ujarnya.  

"Kita mengikuti pandemi yang di declare WHO, tidak hanya yang 68 orang WNI saja, tetapi seluruh warga negara Indonesia," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X