Menko PMK Minta Maaf Usai Salah Sebut soal Wasiat Makam Bung Karno

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 14:56 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/Didik Suhartono)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/Didik Suhartono)

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meluruskan pernyataannya tentang presiden pertama Republik Indonesia Soekarno atau Bung Karno berwasiat minta dimakamkan di Blitar saat memberikan sambutan di acara Blitar Ethnics National (BEN).

Sebelumnya, Muhadjir menyatakan Bung Karno berwasiat minta dimakamkan di Blitar saat memberikan sambutan di acara BEN. Setelah mengecek berdasarkan biografi Bung Karno, Muhadjir menyatakan bahwa Bung Karno mewasiatkan dimakamkan di daerah Priangan, yakni di Batu Tulis, Bogor.

Sedangkan keputusan pemerintah Presiden Soeharto memakamkan Bung Karno di Blitar terkait alasan, agar lebih dekat kepada makam ibunya. Karena Bung Karno dinilai sangat dekat dengan ibunya selama hidup.

“Dengan demikian, pernyataan saya luruskan. Saya mohon maaf,” kata Muhadjir dalam siaran persnya, Minggu (28/8/2022).

Muhadjir kemudian berziarah ke Makam Proklamator RI Bung Karno di Blitar (27/8/2022). Ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungannya di Kota Bung Karno itu.

“Kita sebagai masyarakat Indonesia tidak boleh lupa dengan para pahlawan. Setidaknya setahun sekali, dalam momentum memperingati kemerdekaan, wajib kita untuk berziarah dan mendoakan mereka,” urainya.

Dalam ziarah dan doa itu Muhadjir duduk bersila di sisi makam Bung Karno, yang diapit kedua orang tuanya Ida Ayu Nyoman Rai dan R. Soekeni Sosrodihardjo Menko PMK melafalkan Alfatihah dan tahlil, serta doa ampunan sekitar setengah jam.

Ziarah kali keempat selama Muhadjir jadi menteri itu didampingi Deputi V Kemenko PMK Didik Suhardi, Wakil Wali Kota Blitar Tjujuk Sunario, Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono dan pejabat lain.  Setelah ziarah, Muhadjir menyapa para peziarah yang datang dari berbagai wilayah Indonesia. Sore itu suasana ramai. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X