Presiden Jokowi: Terima Kasih atas Dukungan Muhammadiyah dan Aisyiyah Selama Pandemi

- Sabtu, 19 November 2022 | 17:00 WIB
Presiden Jokowi dalam konferensi pers (Youtube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dalam konferensi pers (Youtube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus membuka Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (19/11/2022). Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Muhammadiyah dan Aisiyah dalam penanganan pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir.

“Terima kasih telah menggerakan lebih dari 120 RS Muhammadiyah dan 235 klinik kesehatan milik Muhammadiyah yang aktif dalam mengedukasi masyarakat serta pengobatan dan vaksinasi,” kata Presiden Jokowi saat membuka Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Sabtu (19/11/2022).

Presiden Jokowi mengungkapkan, Indonesia adalah salah satu negara yang mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Tak hanya itu, Indonesia juga termasuk negara dengan capaian vaksinasi terbanyak di dunia dengan menyuntikkan lebih dari 440 juta dosis vaksin pada masyarakat.

-
Presiden Jokowi dalam konferensi pers (Reuters/Sonny Tumbelaka)

Baca Juga: Demi Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Presiden Jokowi Pulang Lebih Cepat dari KTT APEC

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi ini menjadi fondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional kita,” tuturnya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi kontribusi Muhammadiyah dan Aisyiyah di sektor pendidikan. Tercatat, Muhammadiyah dan Aisyiyah memiliki sekitar 170 perguruan tinggi.

“Dan, juga 1.364 SMA sederajat, 1.826 SMP, 2.817 SD dan 20.233 TK, PAUD dan kelompok bermain yang dimiliki Muhammadiyah dan Aisyiayh dan 440 pesantren,” ungkapnya.

Presiden Jokowi mengharapkan, melalui lembaga pendidikan yang dimiliki, Muhammadiyah berperan untuk menyebarkan Islam yang berkemajuan, penuh nilai toleransi, menjaga persatuan, menjaga persaudaraan dan perdamaian sesuai dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

“Saya mengharapkan bantuan bapak ibu semuanya selain habluminallah juga habluminannas juga perlu diperkuat habluminalalam yang menekankan pentingnya pelestarian alam dan juga pelestarian lingkungan,” tuturnya.  

Melalui kerja bersama, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan mampu tumbuh maju di tengah gambaran dunia yang suram.

Baca Juga: Buka Muktamar Muhammadiyah, Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Hablum Minal Alam 

“Dengan dukungan keluarga besar Muhammadiyah Aisyiyah, Indonesia bisa menjadi titik terang di tengah dunia yang muram, Indonesia laksana sang surya yang menerangi dunia,” ujarnya.

“Semoga Allah SWT meridhoi bangsa Indonesia. Selamat bermuktamar,” imbuh Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X