Evaluasi Rekayasa Lalin Simpang Santa, Pemprov DKI Diminta Fokus Penggunaan Angkutan Umum

- Jumat, 21 April 2023 | 10:29 WIB
Lalu lintas di Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)
Lalu lintas di Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)

Keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merekayasa arus lalu lintas Jalan Wijaya - Jalan Tendean menuai protes karena menimbulkan kemacetan yang lebih parah.

Akibat penutupan Simpang Santa, pada Senin (17/4/2023) kemacetan parah terjadi di lokasi tersebut. Para pengguna jalan pun akhirnya menyampaikan protes melalui media sosial. Dinas Perhubungan DKI Jakarta akhirnya membuka kembali putaran balik tersebut.

-
Lalu lintas di Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)

Meski protes mereda tidak serta merta menyelesaikan masalah kemacetan di Simpang Santa. Alih-alih mengampanyekan penggunaan transportasi umum, pengguna jalan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saling mencari validasi untuk membenarkan tindakannya.

Hal ini tercermin dari rencana Dishub DKI Jakarta bakal mengevaluasi rekayasa lalu lintas di Simpang Santa mulai 26 April 2023. Evaluasi tersebut dilakukan ketika lalu lintas di Jakarta sudah kembali normal. Evaluasi tersebut dilakukan guna melaksanakan pengaturan yang baru.

-
Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)

"Dalih mengendalikan kemacetan kendaraan pribadi adalah mengada-ada mengingat di kawasan itu tersedia fasilitas BRT TransJakarta sebagai opsi agar terhindar dari kemacetan. Kemacetan kendaraan pribadi (mobil maupun sepeda motor) harus diabaikan mengingat sudah ada solusinya berupa mass public transport, jalur sepeda dan fasilitas pejalan kaki di kawasan tersebut. Kemacetan adalah dis-reward atau punishment bagi mereka yang masih bertahan dengan kendaraan pribadi, jadi biarkan saja," tutur komunitas Bike 2 Work Indonesia di unggahan Instagram mereka.

Merujuk ke peta Transjakarta, Simpang Santa dilewati oleh rute Transjakarta BRT dan Non-BRT. Rute tersebut terdiri dari rute BRT Koridor 13, 13A 13B, 13C, 3D dan 7Q. Lalu rute Non-BRT Koridor L6B, L13E, M13, 6U, 7B dan 9H.

-
Lalu lintas di Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)

Jika dua belas rute tersebut dikampanyekan lebih baik akan semakin banyak pengendara roda dua dan empat beralih ke transportasi umum.

-
Lalu lintas di Jakarta (Z Creators/Jafriyal Aba)

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X