12 Relawan PMI Jakut dan Jaksel Gercep Berangkat Bantu Korban Gempa Cianjur Bawa Ini

- Selasa, 22 November 2022 | 12:52 WIB
Sejumlah tenaga medis merawat korban yang terluka akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di RSUD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (ANTARA/Raisan Al Farisi)
Sejumlah tenaga medis merawat korban yang terluka akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 di RSUD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). (ANTARA/Raisan Al Farisi)

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara mengerahkan tim relawan ke lokasi bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (21/11/2022).

Asisten Pemerintahan Jakarta Utara Iyan Sophian Hadi mengatakan, selain para relawan juga turut diberangkatkan mobil Ambulan Gawat Darurat (AGD), operasial dan logistik kemarin malam.

"Berharap para relawan yang diberangkatkan bisa meringankan beban masyarakat di wilayah bencana," ujar Iyan melalui keterangan resminya, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Kapolri Bakal Datangi Korban Gempa Cianjur Hari Ini, Tinjau Kinerja Polri Disana

Berdasarkan informasi, menurut Iyan tercatat ada tiga kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdampak parah akibat gempa yakni Kecamatan Cilaku, Kecamatan Cianjur dan Kecamatan Cugenang.

Selain itu Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal menjelaskan, totalnya ada 12 relawan lengkap dengan peralatan individu yang dikerahkan ke lokasi bencana di Cianjur.

"Selain melakukan tanggap bencana, para relawan yang diberangkatkan juga siap membantu warga sesuai kebutuhan lapangan," ujar Rijal

Oleh karena itu PMI Jakarta Utara akan membangun tenda serbaguna dan penggalangan dana untuk membantu para pengungsi.

"Kita akan buka tenda serbaguna lengkap dengan velbed berikut dapur umum. Saat ini kita masih galang bantuan dari masyarakat," tambahnya.

Baca Juga: Puluhan Korban Gempa Cianjur Masih Dicari, Mabes Polri: Kita Fokuskan Evakuasi

Selain itu, PMI Jakarta Selatan juga mengirim 18 personel yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat untuk membantu penyintas gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Adapun bantuan logistik yang akan disalurkan di lokasi berupa 120 selimut, tiga dus masker, dua terpal, lima karung beras, 31 kaleng ikan kemasan kaleng, dua felbet, 20 dus mie instan, lima dus minyak goreng dan 20 dus air mineral kemasan gelas.

"Tim akan bergabung bersama PMI Kota Cianjur untuk koordinasi lapangan," pungkas Abdul.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X