The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari ke-7 Pasca Gempa Cianjur, Total Ada 285 Kali Gempa Susulan
Tim Sar Mencari korban gempa Cianjur. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
News

Hari ke-7 Pasca Gempa Cianjur, Total Ada 285 Kali Gempa Susulan

Minggu, 27 November 2022 20:20 WIB 27 November 2022, 20:20 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sudah ada 285 kali gempa susulan yang terjadi pasca gempa magnitudo 5,6 di terjadi di Cianjur Jawa Barat. 285 gempa susulan tersebut sudah terjadi selama tujuh hari pasca gempa utama.

"Update monitoring kegempaan di wilayah sekitar Cianjur yang kami catat dari sistem procecing kami untuk saat ini dari komulatif yang gempa utama sampai gempa susulanya saat ini sudah tercatat 285 event," kata Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi BMKG, Sigit dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun Youtube BNPB, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga : Hari Ini 3 Jasad Ditemukan, Korban Tewas Gempa Cianjur Jadi 321 Jiwa

Meski sudah terjadi berulang kali gempa susulan, gempa terparah masih didominasi gempa pertama. Sigit mengungkap ada sekitar 34 persen kekuatan gempa pada gempa pertama.

"Secara statistik 285 event ini, 34 persen di hari pertama. Hari pertama berkontribusi cukup besar sedangkan saat ini sudah jauh menurun," beber Sigit.

Baca Juga : Kapolda Jawa Barat Imbau Korban Gempa Cianjur Tak Halangi Kendaraan Berisi Bantuan

Lebih jauh Sigit membeberkan terkait gempa susulan yang terjadi pada hari ini di Cianjur. Menurutnya, sudah terjadi beberapa kali gempa susulan di Cianjur.

"Jam 00.00 semalam smpe jam 16.00 sore tercatat 15 kali gempa susulan dengan dua kali gempa dirasakan pada pagi hari tadi jam 04.00 dan jam 07.00," kata Sigit.

Diberitakan sebelumnya, gempa bumi terjadi beberapa hari lalu di Cianjur, Jawa Barat dengan dampak cukup besar. Tercatat, ada sebanyak 321 korban tewas, 11 korban hilang dam 108 korban luka-luka yang saat ini masih menjalani perawatan medis.

Artikel Menarik :

TAG
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US