Respons Permintaan Apdesi, Wapres Sebut Lebih dari 10% APBN Dikucurkan ke Desa

- Senin, 20 Maret 2023 | 17:30 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Dokumentasi Setwapres)
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Dokumentasi Setwapres)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah berkomitmen mendorong pembangunan desa, salah satunya lewat pengucuran lebih dari 10 persen dana APBN untuk didistribusikan ke daerah.

“Saya kira memang pemerintah sudah punya komitmen kuat untuk membangun desa,” kata Wapres kepada wartawan usai menghadiri acara Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Lapangan Bola Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin (20/03/2023).

“Kalau menurut hitung-hitungannya itu lebih dari Rp400 triliun ya sejak tahun 2015. Jadi sebenarnya lebih dari 10%,” imbuhnya.

Baca Juga: Kumpul di Senayan, Para Kepala Desa Minta Alokasi 10% APBN untuk Dana Desa

Lebih lanjut, Wapres menuturkan, berbagai kementerian telah memberikan program yang ditujukan untuk masyarakat desa

Adapun kementerian-kementerian itu yakni Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Kalau yang ke Kementerian PDTT itu Rp70 triliun, tapi dari kementerian lain yang juga fokusnya di desa itu lebih dari Rp400 triliun. Kalau dihitung secara keseluruhan, besar sekali,” pungkasnya.

10% APBN untuk Dana Desa

Diberitakan sebelumnya, Ribuan kepala desa (kades) berkumpul untuk memperingati Hari Desa Nasional di Parkir Timur, komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, hari ini Minggu (19/3/2023). 

Ketua Umum APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Surta Wijaya meminta agar desa tidak dimarjinalkan. Ia berharap pembangunan tidak hanya terfokus di kota tetapi mulai bergeser ke desa.  

“Desa harus jadi garda terdepan sekarang. Tidak lagi orang berpikir, mari kita ke kota. Tidak lagi orang mengais ke kota, tetapi harus turun dan lari ke desa,” kata Surta Wijaya kepada wartawan di komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (19/3/2023). 

Baca Juga: Megawati Dapat Pengharggan Hingga APDESI Tuntut Alokasi Dana Desa 10 Persen dari APBN

Menurut Surta, pembangunan di desa bakal memicu masyarakat untuk mencari rezeki yang tidak lagi terpusat di perkotaan. Oleh karena itu, ia menyerukan agar 10 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dialokasikan untuk dana desa. 

“Semua itu jawabannya adalah dana desa. Sepakat? jadi 10 persen ke depan harga mati dana desa dari APBN,” ujarnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X