DKI Raih Juara Pengendalian Banjir, PDIP: Faktanya Rakyat Jakarta Masih Kebanjiran

- Senin, 13 Juni 2022 | 12:50 WIB
Ilustrasi Banjir. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Ilustrasi Banjir. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pemprov DKI Jakarta berhasil menjadi juara pertama pada ajang internasional IDC Smart City Asia/Pacific Awards 2022 atas inovasinya terhadap Flood Control System atau Sistem Pengendalian Banjir.

Terkait keberhasilan tersebut, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai bahwa lembaga yang memberikan penilaian dalam kontestasi itu tidak memahami kondisi di Jakarta, khususnya mengenai masalah banjir.

“Saya pernah bilang begini, jangan-jangan lembaga PBB tidak pernah tahu persoalan banjir Jakarta. Kalau tahu persoalan Jakarta, kan faktanya berbanding terbalik dengan penilaian tersebut," ujar Gembong kepada awak media, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Salut, Ibu ini Tetap Santun & Peluk Pencuri Meski Sudah Selundupkan Uang dan Perhiasannya!

Pasalnya, menurut Gembong, fakta di lapangan, Jakarta masih saja kebanjiran sampai saat ini dengan sistem yang digunakan. Maka dari itu, ia menyebut, warga ibu kota hingga kini masih merasakan banjir.

"Faktanya rakyat Jakarta masih kebanjiran. Kalau deteksinya bagus, maka secara otomatis warga tidak akan kebanjiran, tetapi penilaian deteksinya bagus, tapi faktanya rakyat masih kebanjiran," ungkapnya.

Diketahui, Pemprov DKI menyebut, capaian ini merupakan kedua kalinya secara beruntun bagi Jakarta setelah pada 2021 lewat aplikasi JAKI. Kali ini, Jakarta Smart City berhasil keluar sebagai inovasi terbaik untuk Public Safety — Next-Generation Emergency Services melalui Sistem Pengendalian Banjir.

“Sistem ini dibangun untuk perbaikan sistem pengendalian banjir yang sebelumnya manual menjadi sistem berbasis manajemen ilmu pengetahuan untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data dan diseminasi informasi secara cepat dan akurat kepada masyarakat. Pengembangan sistem ini juga didukung melalui kajian ilmiah yang kami lakukan,” ungkap Kepala BLUD Jakarta Smart City, Yudhistira Nugraha.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X