Surya Paloh: Kalau Ada Reshuffle Lagi, Sudah Rusak Semuanya!

- Kamis, 16 Juni 2022 | 09:13 WIB
Ketua Umum Surya Paloh saat membuka Rakernas (INDOZONE/Harits Tryan)
Ketua Umum Surya Paloh saat membuka Rakernas (INDOZONE/Harits Tryan)

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menepis isu yang menyebutkan bilamana dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet lagi dalam waktu dekat.

Dia melihat jika benar Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle maka kondisi pemerintahan sudah rusak semuanya.

“Enggak, enggak ada. Enggak ada mana kalau ada reshuffle lagi sudah rusak semuanya,” kata Surya Paloh di Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Surya Paloh juga enggan merespon lebih lanjut mengenai dilantiknya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan, dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Surya Paloh menyatakan, keputusan masuk atau keluarnya Menteri di dalam Kabinet merupakan hak prerogatif dari Presiden Jokowi. Sehingga Kepala Negara lah yang mampu menjawab mengapa terjadi perombakan di dalam kabinet.

“Pertanyaan itu yang paling, bisa menjawabnya adalah presiden yang mempunya hak prerogatif. Karena apapun Layak tidak layak tidak terlepas dari subjektifitas disamping objektivitas itu sendiri,” tuturnya.

BACA JUGA: Demokrat Ungkap Alasan SBY Temui Surya Paloh di NasDem Tower

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Keputusan Republik Indonesia Nomor 64B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu dan seterusnya,” ucap keputusan itu.

“Kedua, mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024,” tambahnya.

Dalam Keputusan Presiden itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan, dan Mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X