Runway Bandara Mopah Dihadang Sekelompok Orang, Pesawat Lion Air Putar Balik ke Jayapura

- Rabu, 1 Juni 2022 | 09:45 WIB
Ilustrasi pesawat terbang. (Freepik)
Ilustrasi pesawat terbang. (Freepik)

Pesawat Lion Air JT-794  rute Jayapura melalui Bandar Udara Sentani dengan tujuan Merauke melalui Bandar Udara Mopah, terpaksa harus putar balik lagi ke Jayapura pada Selasa (31/5/2022). Alasannya karena terdapat pemalangan di landas pacu (block runway) oleh sekelompok orang.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Pesawart Lion Air penerbangan JT-794 dioperasikan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-900ER membawa 7  awak pesawat dan 134 penumpang.

Lalu pesawat mengudara dari Bandar Udara Sentani pukul 06.55 WIT dan perkiraan tiba di Bandar Udara Mopah pukul 08.30 WIT. Namun di tengah perjalan pihak Lion Air menerima informasi bahwa pesawat tersebut tidak bisa mendarat di Bandara Mopah lantara diblok oleh sekelompok orang.

"Lion Air menerima informasi resmi dari otoritas penerbangan berupa NOTAM (notice to airmen) nomor B0952/22 NOTAMC B0951/22 berisi informasi baru mengenai keadaan, perubahan atau situasi di Bandar Udara Mopah bahwa mengalami penutupan sementara karena alasan keselamatan (security reason), terdapat pemalangan di landas pacu (block runway) oleh sekelompok orang," jelas Danang dalam siaran persnya dikutip Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: Heboh Pesawat Batik Air Melambat di Ujung Landasan, Begini Tanggapan Batik Air

Danang menuturkan bilamana  Pilot berkomunikasi dengan pengatur lalu lintas udara dan memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal return to base (RTB). Pesawat telah mendarat di Bandar Udara Sentani pukul 07.30 WIT.

"Setelah pesawat berada sempurna pada tempatnya (parkir di apron), seluruh penumpang dikembalikan ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut," urai Danang.

Diberangkatkan Kembali

Lebih jauh, Danang menyampaikan jika  Lion Air penerbangan JT-794 diberangkatkan kembali setelah menerima informasi resmi bahwa bandar udara tujuan sudah dibuka kembali dan dinyatakan aman untuk operasional penerbangan.

"Pesawat lepas landas pukul 08.30 WIT dari Bandar Udara Sentani dan telah mendarat pukul 09.50 WIT di Bandar Udara Mopah," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X