Anies Baswedan: Duka Kang Emil juga Dirasakan oleh Semua Warga DKI

- Jumat, 3 Juni 2022 | 14:23 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan) usai melakukan shalat ghaib di Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta. (ANTARA/Ricky Prayoga)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan) usai melakukan shalat ghaib di Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, duka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga dirasakan warga Jakarta.

Anies bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan jamaah di Masjid Fatahillah Balai Kota Jakarta melaksanakan shalat ghaib untuk putra Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz, usai Shalat Jumat.

"Kami di DKI Jakarta merasakan duka yang amat dalam. Dukanya Kang Emil dan keluarga adalah duka masyarakat Jawa Barat, adalah juga duka masyarakat Jakarta dan juga duka Indonesia," kata Anies, seperti disadur dari Antara, Jumat (3/6/2022).

Karena itu, Anies pada Jumat pagi menganjurkan pada semua masjid di DKI Jakarta untuk menyelenggarakan shalat ghaib setelah Shalat Jumat. Shalat ghaib tersebut, kata Anies, adalah untuk mendoakan Emmiril Khan Mumtaz yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, pekan lalu.

"Insya Allah Eril (sapaan akrab Emmiril) ditinggikan derajatnya di sisi Allah, sebagai syahid dan keluarga diberikan kekuatan, ketabahan di dalam menjalani sebuah ujian yang tak terhingga besarnya dan beratnya," kata Anies.

"Kita semua meyakini bahwa Kang Emil dan keluarga memiliki kekuatan, ketabahan melewati ini semua," katanya lagi.

Anies mengatakan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada semua SKPD dan kantor pemerintahan menjalankan hal serupa yang diharapkan nantinya bisa menambah kekuatan keluarga Ridwan Kamil sebagai bentuk dukungan moral.

Baca Juga: Nafa Urbach Ikut Berduka Eril Dinyatakan Meninggal, Doakan Ridwan Kamil dan Istri Tabah

"Semoga ini menjadi pesan yang nantinya keluarga akan lihat begitu banyak orang yang mendoakan. Insya Allah Eril khusnul khatimah, dimuliakan tempatnya di sisi Allah SWT," kata Anies.

Sebelumnya, Anies memerintahkan Kepala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta untuk mengeluarkan imbauan bagi seluruh masjid di Jakarta melaksanakan shalat gaib pada Jumat ini bagi putra Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pekan lalu.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan itu juga meminta kepada seluruh Kepala OPD agar memastikan semua kantor di lingkungan Pemprov DKI yang menyelenggarakan ibadah Shalat Jumat lalu melaksanakan shalat ghaib.

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss. Laporan tersebut diterima KBRI Swiss pada 26 Mei 2022 pukul 11.24 waktu setempat.

Menurut Kepolisian Swiss, Eril mengalami situasi darurat ketika berenang di sungai tersebut. Sejak menerima laporan orang hilang, polisi terus berupaya keras untuk menemukan pemuda berusia 22 tahun itu.

Ridwan Kamil telah kembali ke Indonesia bersama dengan istrinya, Atalia Praratya, dan anak keduanya, Camaillia Laetitia Azzahra. Meski orang tuanya telah pulang ke Tanah Air, pencarian Eril dikabarkan tetap dilanjutkan.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X