Hendi Serius soal Konsep Tanggul Laut untuk Lindungi Pesisir Semarang

- Senin, 30 Mei 2022 | 22:02 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah) (Dok. Pemkot Semarang)
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (tengah) (Dok. Pemkot Semarang)

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi serius soal targetnya untuk melindungi wilayah pesisir ibu kota provinsi Jawa Tengah dengan tanggul laut. Untuk itu selain pembangunan jalan tol Semarang - Demak dan Harbour Toll (Semarang - Kendal) yang berfungsi sebagai tanggul laut, akan ada juga pembangunan tanggul laut di sepanjang pesisir Tambak Lorok, Kota Semarang.

Ketiga project itu sendiri nantinya akan menyempurnakan grand design perlindungan pesisir Kota Semarang yang telah lama direncanakan oleh Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu.

Diterangkan oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah Kota Semarang, Budi Prakosa, grand design perlindungan pesisir Kota Semarang mencakup 5 aspek.

Selain tiga project tadi, aspek lainnya adalah peninggian elevasi Jalan Arteri Yos Sudarso untuk melindungi wilayah pusat kota, serta penanganan tanggul yang ada di dalam wilayah Pelabuhan Nasional Tanjung Emas.

"Insya Allah kalau lima itu terealisasi maka sudah tidak ada lagi yang bolong, mulai dari perlindungan sisi timur BKT dengan tol Semarang - Demak, sebelah barat BKT ada tanggul laut Tambak Lorok, perlindungan kota ada Arteri Yos Sudarso, ke baratnya lagi sampai Mangkang ada Tol Semarang - Kendal, lalu juga di wilayah Pelabuhan sendiri," terang Budi.

Dan salah satu wujud keseriusan dalam merealisasikan rencana tersebut, Hendi selaku Wali Kota Semarang pun melakukan penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Semarang dengan Pelindo III di Kantor Wali Kota Semarang, Senin (30/5/2022).

Melalui nota kesepahaman tersebut Hendi berharap adanya kerjasama yang saling mendukung dalam penanganan banjir rob, antara Pemkot Semarang dan Pelindo III.

Adapun nota kesepahaman tersebut akan bermuara pada pembangunan tanggul laut di pesisir Tambak Lorok yang merupakan 1 dari 5 aspek penting dalam pembangunan tanggul laut terintegrasi di Kota Semarang. Pengerjaan tanggul laut sendiri akan dikerjakan oleh Pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali – Juwana.

Usai penandatanganan nota kesepahaman, Hendi menegaskan kembali jika persoalan dan penanganan banjir dan rob di Ibu Kota Jawa Tengah ini sudah direncanakan dari awal dan terus berproses.

“Project ini sudah direncanakan dari jauh-jauh hari dengan solusi pembangunan tanggul laut di sepanjang Tambaklorok menggunakan sheet pile,” terang Wali Kota Semarang itu.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan jika sebenarnya pada awal tahun lalu BBWS telah menyetujui program tersebut, namun terkendala lahan. Untuk itu kemudian Pemerintah Kota Semarang menjalin komunikasi dengan Pelindo agar program penanganan rob ini bisa terealisasi.

“Kita komunikasi terus, hingga akhirnya hari ini tersedia lahan untuk BBWS membangun tanggul laut atau sabuk pantai,” imbuhnya.

-
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri) (Dok. Pemkot Semarang)

BACA JUGA: Penyebab Banjir Rob Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Tanggulnya Jebol

Adapun Hendi juga menerangkan jika anggaran yang digelontorkan berkisar di angka 300 miliar rupiah, yang rencananya akan mulai dilelangkan pada awal Juni ini. Sistem pembangunannya sendiri akan bersifat tahun jamak, sehingga diprediksi rampung pada tahun 2023.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X