Iptu Januar, Eks Anak Buah Ferdy Sambo Disanksi Demosi 2 Tahun Terkait Brigadir J

- Rabu, 21 September 2022 | 12:59 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Nurul Azizah (kanan). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)
Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Nurul Azizah (kanan). (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah)

Sidang etik terhadap mantan Pamin Den A Ropaminal Divpropam Polri sekaligus anak buah Irjen Ferdy Sambo, Iptu Januar Arifin terkait kasus pembunuhan Brigadir J sudah selesai digelar. Hasilnya, Iptu Januar dikenakan sanksi demosi selama 2 tahun.

"Sanksi administratif yaitu berupa mutasi, berupa demosi selama 2 tahun semenjak dimutasikan ke Yanma Polri," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Sanksi demosi merupakan sanksi penurunan jabatan yang lebih rendah dari jabatan sebelumnya.

Baca Juga: Sidang Etik Selesai, AKP Dyah Candrawati disanksi Demosi 1 Tahun Terkait Brigadir J

Nurul menyebut sidang menyatakan Iptu Januar bersalah karena tidak profesional terkait kasus Brigadir J. Dari sanksi demosi ini, Iptu Januar tidak mengajukan banding.

"Atas putusan tersebut pelanggar menyatakan tidak banding," beber Nurul.

Selain sanksi demosi, Iptu Januar juga dikenakan sanksi wajib meminta maaf kepada pimpinan Polri termasuk ke pihak yang terdampak. Iptu Januar juga dikenakan sanksi wajib mengikuti berbagai pembinaan.

"Kewajiban pelanggar untuk mengikuti pembinaan mental kepribadian, kejiwaan, keagamaan dan pengetahuan profesi selama 1 bulan," kata Nurul.

Baca Juga: Sanksi Polri ke Raden Brotoseno: Tak Dipecat tapi Didemosi

Polri saat ini terus melakukan sidang etik terhadap para anggota Polri yang melanggar dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Dari sidang etik tersebut sejumlah anggota Polri dikenakan sanksi demosi hingga pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) atau pemecatan dari institusi Polri.

Salah satu perwira Polri yang dikenakan sanksi PTDH yakni Irjen Ferdy Sambo sendiri. Sambo terbukti menjadi dalang pembunuhan berencana hingga membuat skenario atas tewasnya ajudannya sendiri, Brigadir J.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X