Penting, Jangan Semprot Masker dengan Alkohol, Ini Alasannya!
Jangan Semprot Masker dengan Alkohol (Instagram @dinasyah88/DOK. INDOZONE)
News

Penting, Jangan Semprot Masker dengan Alkohol, Ini Alasannya!

Perlu diingat, penggunaan masker ada aturannya lho!

Selasa, 31 Maret 2020 10:00 WIB 31 Maret 2020, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Merebaknya Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat masker sekali pakai, alkohol dan hand sanitizer pun menjadi barang yang paling banyak dicari-cari dan dibeli oleh banyak orang.

#KAMUHARUSTAU, ternyata masker sekali pakai tidak dapat digunakan berkali-kali lho, dan apalagi dicuci! Kok bisa? Ini Alasannya.

Perlu diingat, penggunaan masker ada aturannya. Dr. Dina Oktaviani, M. Biomed (AAM), Dokter Anti Aging & Estetik dari Jakarta ini menjelaskan, praktik ideal penggunaan masker sekali pakai adalah maksimalnya itu 1 hari.

"Masker yang saya pakai ini adalah masker sekali pakai, tidak dapat digunakan berkali-kali. Jika kalian sudah pakai seharian sudah pasti di masker itu sudah banyak sekali debu, kotoran, kuman yang menumpuk, maka harus segera dibuang," kata dr. Dina kepada INDOZONE, Senin (30/3/2020).

Ia juga menyarankan untuk tidak mencuci atau menyemprot masker sekali pakai menggunakan alkohol, karena hal tersebut akan sia-sia dan membuat masker tersebut bocor dan tidak dapat digunakan untuk memproteksi diri.

"Jika kamu cuci, kucek-kucek, sikat, maka akan merusak lapisan bagian dalamnya, apalagi jika di semprot atau di rendam dengan alkohol. Masker tersebut akan bocor dan sudah tidak dapat berfungsi sebagai proteksi lagi," ujar dr. Dina.

Video dari dr.Dina ini men-contohkan jika masker disemprot dengan alkohol, maka inilah yang akan terjadi:

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Masker yang telah bocor oleh alkohol jika masih dipakai, tidak akan mampu menahan air liur yang keluar dari mulut atau menahan air liur orang lain yang mengenai masker tersebut.

dr. Dina juga memberikan tips mencegah Virus Corona kepada Sahabat INDOZONE lho:

"Intinya yang perlu dilakukan adalah harus jaga jarak, hindari keramaian, selalu mencuci tangan, dan tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi vitamin dan makan yang bergizi", kata dr. Dina untuk Sahabat INDOZONE.

Semoga informasi ini bermanfaat ya guys!

TAG
Indozone
Indozone

Indozone

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US