Menkes Tambah Laboratorium Pemeriksaan Covid-19 Jadi 49
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. (photo/INDOZONE/Arya Manggala)
News

Menkes Tambah Laboratorium Pemeriksaan Covid-19 Jadi 49

Kamis, 02 April 2020 21:56 WIB 02 April 2020, 21:56 WIB

INDOZONE.ID - Melalui teleconference dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Kamis (2/4/2020), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan bahwa pemerintah telah menambah jumlah laboratorium untuk memeriksa spesimen virus corona.

Dari penjelasan Terawan, laboratorium tersebut telah tersebar di hampir seluruh provinsi dengan harapan dapat memeriksa lebih banyak lagi spesimen.

"Dukungan sarana prasarana kesehatan terkait penanganan COVID-19 di rumah sakit, kemudian penguatan jejaring laboratorium dalam penanggulangan COVID-19 di Indonesia," ungkapnya.

"Keputusan Menteri Kesehatan untuk memperluas jejaring laboratorium pemeriksaan COVID-19, yang tadinya berjumlah 45 lab menjadi 49," tambah Terawan.

Namun, dari 49 jumlah laboratorium tersebut Terawan tidak menjelaskan secara rinci wilayah mana yang mendapatkan tambahan laboratorium. Ia juga menerangkan bahwa saat ini ada 132 rumah sakit yang menangani pasien kasus corona.

"Peningkatan kapasitas rumah sakit di 132 RS untuk penanganan COVID-19," ucapnya.

Terawan pun terus memastikan jajarannya dapat menyiapkan berbagai kemungkinan. Maka dari itu, Menkes Terawan memberikan pelatihan kepada seluruh dinas kesehatan di tiap Provinsi, untuk mempersiapkan kemungkinan menjelang lebaran.

"Terutama untuk mempersiapkan pergeseran orang, baik akibat mudik dan dengan datangnya pekerja dari luar negeri. Dan juga melewati pintu-pintu masuk yang tidak bisa terkontrol, bisa dilanjutkan ke puskesmas-puskesmas yang terdekat dari pintu-pintu masuk yang bukan resmi," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US