PDIP Pastikan Calon Kepala Daerah Pilkada 2020 yang Diusung Bebas Masalah Hukum

- Senin, 10 Agustus 2020 | 12:06 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kiri), Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Politisi PDI Perjuangan Arif Wibowo (tengah). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kiri), Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) dan Politisi PDI Perjuangan Arif Wibowo (tengah). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan para calon kepala daerah yang diusung partainya sudah dipastikan tak memiliki masalah hukum serta tak tersangkut dengan organisasi terlarang.

Dijelaskan Hasto, dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali mengumumkan 75 calon kepala daerah yang akan bertarung di pilkada serentak 2020. Dalam rangka memperkuat mekanisme kelembagaan parpol serta fungsi pendidikan politik serta kaderisasi kepemimpinan, maka PDIP membangun proses rekrutmen calon.

Prosesnya dimulai dari penyaringan dan penjaringan calon dari bawah, serta Hasto menyebutkan bahwa tentunya proses itu disertai dengan proses pemetaan politik, yang salah satunya melalui survei politik.

"Kami juga melakukan pertimbangan politik ideologis strategis, dalam pengertian mereka yang masuk organisasi terlarang tidak mungkin kami calonkan sebagai calon kepala daerah. Mereka yang punya persoalan hukum, tidak mungkin kami calonkan," ucap Hasto dalam keterangannya, Senin (10/8/2020).

Hasto menjelaskan kalau komitmen bagi PDI Perjuangan adalah untuk menjadi pemimpin harus digerakkan api semangat berdasarkan pemahaman ideologi Pancasila. Karena itu pula, PDIP juga mempersiapkan sebaik-baiknya para calon kepala daerah tersebut.

"Yakni melalui sekolah calon kepala daerah yang untuk Pilkada serentak 2020 ini kami bagi tiga gelombang, dan gelombang pertama dijalankan 19 Agustus mendatang," terangnya.

"PDI Perjuangan menyatukan diri dengan seluruh kehendak rakyat itu. Pilkada ini adalah pemilunya rakyat Indonesia. Karena itulah partai menyiapkan para calon kepala daerah dengan sebaiknya agar bisa memenangkan hati rakyat," pungkas Hasto.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X