Resmi! Pemerintah Putuskan Tidak Berangkatkan Ibadah Haji 2020

- Selasa, 2 Juni 2020 | 10:31 WIB
Ilustrasi para jemaah melaksanakan ibadah haji. ( REUTERS/Umit Bektas)
Ilustrasi para jemaah melaksanakan ibadah haji. ( REUTERS/Umit Bektas)

Pemerintah telah memutuskan untuk tidak melakukan pemberangkatan ibadah haji 2020 ditengah pandemi untuk seluruh masyarakat. Hal itu dikarenakan kerajaan Arab Saudi yang tidak kunjung membuka akses ibadah haji bagi negara manapun.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dalam keterangannya melalui virtual dalam video conference, Selasa (2/6/2020).

"Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara manapun. Akibatnya pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah,” ucap Fachrul.

“Berdasarkan kenyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan ibadah haji pada tahun 2020,” tambahnya.

Sekadar diketahui, ibadah haji dalam beberapa waktu ini terhenti kegiatannya lantaran Arab Saudi maupun Indonesia tengah mengalami wabah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah ingin ibadah haji kembali diperbolehkan pada April 2020, namun pihak kerajaan Arab Saudi belum memberikan kabar. Sehingga, Kemenag pun kembali mengundurnya hingga 20 Mei 2020.

Kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundur hal tersebut hingga batas waktu 1 Juni 2020. Keputusan itu dibuat setelah berkomunikasi dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X