The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Sosok Zumi Zola, Aktor yang Jadi Gubernur Jambi Tapi Kini Digugat Cerai Istri
Kiri: Zumi Zola. Kanan: Zumi Zola dan Sherrin Tharia. (Instagram/@zumizola.official)
News

Mengenal Sosok Zumi Zola, Aktor yang Jadi Gubernur Jambi Tapi Kini Digugat Cerai Istri

Kamis, 25 Juni 2020 15:19 WIB 25 Juni 2020, 15:19 WIB

INDOZONE.ID - Nama Zumi Zola tengah menjadi sorotan publik, karena digugat cerai sang istri, Sherrin Tharia. Gugatan perceraian itu masuk ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada Kamis (26/6/2020).

Persidangan perceraian itu pertama kali digelar pada Rabu (17/6/2020) lalu. Pria yang kini berusia 40 tahun ini, digugat cerai oleh Sherrin saat menjalani masa hukuman di Lapas Sukamiskin, Bandung.

Dia harus mendekam dibalik jeruji besi, karena terbukti menerima gratifikasi dan memberikan suap.

Mengawali karier

Zumi Zola digugat cerai
Zumi Zola. (Instagram/@zumizola.official)

Sebelum terjun ke dunia politik, pria yang memiliki nama lengkap Zumi Zola Zulkifli ini mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai seorang aktor. Ia pernah membintangi sebuah sinetron pada tahun 2001.

"Culunnya Pacarku", "Julia Jadi Anak Gedongan", dan "Ku t'lah Jatuh Cinta", adalah sederet judul film yang pernah dibintanginya.

Tak hanya itu, Zumi juga merambah ke film layar lebar, dengan berperan dalam "Di Sini Ada Setan", "Kawin Laris" dan "Merah Putih".

Rehat dari dunia hiburan

Zumi Zola cerai
Zumi Zola. (Instagram/@zumizola.official)

Setelah terlibat dalam beberapa judul film, Zumi memutuskan untuk rehat dari dunia hiburan, dan fokus terhadap pendidikannya.

Alumni Institut Pertanian Bogor tahun 2002 ini, memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2-nya di London Metropolitan University.

Terjun ke dunia politik

Zumi Zola digugat cerai
Zumi Zola. (Instagram/@zumizola.official)

Zumi pertama kali terjun ke dunia politik dengan maju sebagai Bupati Kabupaten Tanung Jabung Timur untuk periode 2011-2016.

Namun, pada Oktober 2015, ia memutuskan untuk mundur dari jabatannya itu dan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi. Ia kemudian terpilih menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021 melalui Pilkada Serentak 2015.

Baru dua tahun menjabat, Zumi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap RAPBD Jambi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Februari 2018.

Atas perbuatannya, Zumi dihukum enam tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada 6 Desember 2018.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US