Wisata Halal Sandiaga Uno, Abu Janda: Sumut dan Bali Sudah Halal, Gak Perlu Wisata Halal

- Kamis, 24 Desember 2020 | 15:41 WIB
Abu Janda (kiri/Twitter) dan Sandiaga Uno (kanan; Antara/Elza Elvia)
Abu Janda (kiri/Twitter) dan Sandiaga Uno (kanan; Antara/Elza Elvia)

Wacana wisata halal dan wisata religi kembali mencuat setelah Sandiaga Uno dilantik jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Belum apa-apa, wacana tersebut langsung menuai pertentangan dan kritik dari sejumlah pihak. Salah satunya datang dari Permadi Arya alias Abu Janda.

Menurut Abu Janda, wisata halal tidak perlu karena sejumlah daerah termasuk Bali dan Samosir sudah termasuk ramah soal kehalalan.

"Saya tidak tau apa yang dimaksud bang @sandiuno dengan "Wisata Halal".. saya sudah ke Samosir, ikan goreng sambel andaliman ada di tiap belokan, mau solat juga tidak susah cari tempat. di Bali makanan halal & masjid buanyak! Sumut & Bali sudah cukup halal TIDAK PERLU Wisata Halal," cuitnya di Twitter.

-
Cuitan Abu Janda.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga mengaku mendapat arahan dari wapres terkait wisata halal dan religi untuk membangkitkan sektor wisata.

"Bapak Wapres juga menambahkan, untuk destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi juga jadi perhatian untuk menggairahkan sektor wisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang jadi pemenang," kata Sandi.

Apa yang disampaikan Sandi membuat sejumlah kalangan langsung teringat pada salah satu misinya saat menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta maupun saat berkampanye menjelang Pilpres 2019 di Denpasar, Bali, pada 24 Februari 2019 lalu.

"Di Bali sendiri kami harapkan pariwisata akan lebih baik dan multiplayer-nya banyak sekali kepada UMKM. Salah satunya juga pariwisata halal. Banyak potensinya, dan sekarang diambil oleh Bangkok," katanya kala itu.

Menurut Sandi, potensi pariwisata halal di Bali mencapai lebih dari Rp3.000 triliun jika diterapkan.

"Ini sangat luar biasa kalau bisa kita ambil untuk gerakan ekonomi di Bali," katanya.

Ditentang Petinggi Nasdem

Ketua DPP Partai NasDem Bidang UMKM, Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik atau yang lebih dikenal dengan nama Niluh Djelantik, menyindir habis-habisan Sandiaga Uno terkait isu wisata halal.

Tak tanggung-tanggung, Niluh mengunggah foto di mana ia memakai bikini di tepi pantai.

"Contoh wisata halal di Bali. Colek mas menteri pariwisata @sandiuno  ???? Kesayangan yang setubuh eh setuju plis komen dong ???? Muach ??," tulisnya.

-
Niluh Djelantik sindir Sandiaga Uno soal wisata halal.

Niluh pun menolak keras wisata halal di Bali. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X