Usut Kasus Korupsi Stadion Mandala Krida, KPK Sita Dokumen dari 2 Kantor Pemda DIY

- Kamis, 18 Februari 2021 | 12:47 WIB
Ilustrasi KPK. (ANTARA/Sigid Kurniawan)
Ilustrasi KPK. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan berbagai dokumen dari hasil penggeledahan di dua kantor di Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY), yakni kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) dan Badan Pemuda dan Olahraga DIY, pada Rabu (17/2/2021).

Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, penggeledahan tersebut dilakukan dalam penyidikan dugaan kasus korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida Kota Yogyakarta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2016-2017 di Pemerintah DIY.

"Dari penggeledahan di dua tempat berbeda ini ditemukan berbagai barang bukti di antaranya dokumen-dokumen yang terkait dengan perkara," kata Ali Fikri dikutip Antara, Kamis (18/2/2021).

Menurut Ali, dokumen yang diamankan akan dilakukan validasi dan verifikasi untuk selanjutnya segera dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam kasus tersebut.

Baca Juga: Geram Lihat Ibu Bawa Anak Mengemis, Pria Ini Menegur Sambil Tawarkan Solusi, tapi Ditolak!

KPK saat ini, kata dia, sedang melakukan penyidikan dugaan kasus korupsi pekerjaan pembangunan Stadion Mandala Krida. Namun, KPK belum bisa memberikan informasi spesifik siapa saja pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Sebagaimana kebijakan Pimpinan KPK, pengumuman penetapan tersangka akan dilakukan bersamaan dengan upaya paksa penangkapan atau penahanan para tersangka.

Namun, Ali Fikri memastikan, setiap perkembangan kasus tersebut akan disampaikan kepada publik secara transparan dan akuntabel sebagaimana amanat UU KPK.

Perlu diketahui dari beberapa saksi yang telah diperiksa dalam penyidikan kasus tersebut, penyidik KPK mendalami mengenai tahapan proses perencanaan dan sumber dana yang digunakan serta dugaan pelaksanaan pelelangan yang telah diatur sebelumnya untuk proyek pembangunan Stadion Mandala Krida APBD TA 2016-2017.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X