Di Hari Pangan Sedunia, Mentery Edhy: Sektor Kelautan & Perikanan Jadi Solusi Pandemi

- Jumat, 16 Oktober 2020 | 20:54 WIB
Sejumlah nelayan memilih berbagai jenis ikan di atas kapalnya saat bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Sejumlah nelayan memilih berbagai jenis ikan di atas kapalnya saat bersandar di Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). (Photo/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Merayakan Hari Pangan Sedunia, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan bahwa komoditas sektor kelautan dan perikanan merupakan solusi beragam permasalahan pangan pada masa pandemi COVID-19.

"Peringatan Hari Pangan satu momentum yang baik, untuk meyakinkan kita bahwa dalam menghadapi sulitnya kondisi saat ini imbas COVID-19, saya sangat optimis sektor kelautan dan Perikanan menjadi solusi," ungkapnya, di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Selain itu, Edhy mengatakan bahwa tidak cuma menjadi solusi kecukupan pangan dan gizi warga, kedua sektor itu juga dapat menjadi andalan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ia juga mengakui negara-negara di dunia tengah menghadapi masa-masa sulit karena krisis yang terjadi di tiga sektor, yakni krisis kesehatan, ekonomi, dan sosial. Oleh karena itu, Edhy optimistis bahwa sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi solusi mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kepercayaan diri itu karena dirinya melihat permintaan hasil perikanan Indonesia tetap tinggi di pasar internasional, yaitu adanya peningkatan ekspor sebesar 6,9 persen pada semester I 2020 atau setara 2,4 miliar dolar AS.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X