Pegawai KPK Resmi Jadi ASN Mulai 1 Juni, Begini Penjelasan Firli Bahuri kepada DPR

- Rabu, 10 Maret 2021 | 16:47 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. ANTARA/Tangkapan layar Youtube KPK RI.
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. ANTARA/Tangkapan layar Youtube KPK RI.

Ketua KPK Firli Bahuri memastikan semua pegawai di instansinya akan beralih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 Juni 2021 mendatang.

Hari itu bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Hal ini diungkap Firli dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (10/3/2021).

"Insya Allah pegawai KPK akan beralih menjadi ASN dan dilantik pada 1 Juni 2021 dengan semangat hari lahirnya Pancasila," kata Firli dilansir dari ANTARA.

Firli menjelaskan, terdapat 1.362 pegawai KPK yang akan mengikuti proses alih status menjadi ASN.

Saat ini, sudah ada 1.031 pegawai yang menjalani proses alih status tersebut. Menurut Firli, masih terdapat sekitar 381 pegawai lagi yang belum melaksanakan ujian dan masih menunggu proses alih status.

"Hari ini kami datang ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah melaksanakan proses alih status sebanyak 1.031 orang. Ada 381 yang belum melaksanakan ujian karena akan dilaksanakan pada siang hari nanti," ujarnya.

Firli mengatakan, KPK melakukan persiapan kerjasama dengan BKN pada Februari 2021 lalu. Satu di antaranya terkait pelaksanaan asesmen bagi pegawai KPK yang akan beralih status menjadi ASN.

Menurut Firli, asesmen tersebut sangat penting sebagai syarat menjadi seorang ASN. Tahapannya akan dilaksanakan pada Maret hingga April 2021 mendatang.

Firli mengatakan, ada beberapa pegawai KPK yang belum bisa mengikuti asesmen tersebut karena sakit atau kerja di luar kota. Oleh sebab itu, proses bakal disiapkan tanggal 16 Maret.

"Materi asesmen kebangsaan tersebut bukan hapalan namun mengungkapkan perilaku misalnya pertanyaan sistem negara berdasarkan Pancasila diubah berdasarkan agama, apakah setuju atau tidak setuju. Itu materinya bukan hapalan namun sikap," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X