Fakta Narapidana Kabur Ketika di RS, Ditinggalkan Sendiri saat Petugas Lakukan Pendaftaran

- Selasa, 9 Maret 2021 | 17:44 WIB
Ilustrasi tahanan kabur. / istimewa
Ilustrasi tahanan kabur. / istimewa

Seorang narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kupang bernama Joao Da Costa (32) kabur saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Siloam Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/3/2021).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Mohamad Rizal Fuadi.

"Narapidana itu kabur saat melakukan pemeriksaan kesehatan di RS Siloam karena menderita sakit ginjal akut," katanya.

Joao Da Costa sendiri merupakan narapidana yang masa pidananya selama 10 tahun. Saat ini sisa masa pidananya 8 tahun 10 bulan.

Fuadi menuturkan, kejadian tersebut bermula ketika petugas kesehatan Rutan Kelas IIB Kupang bersama Joao ke RS Siloam untuk melakukan pendaftaran. Ketika petugas melakukan pendaftaran, Joao ditinggalkan di kursi ruang tunggu.

Namun, ketika petugas kesehatan selesai mendaftar dan ingin mengonfirmasi kepada Joao, dia mengetahui Joao sudah menghilang dari tempat duduknya dan meninggalkan barang bawaannya.

"Yang bersangkutan juga sudah ditetapkan sebagai DPO oleh pihak Kemenkuham NTT dan pihak kepolisian," sebut Fuadi.

Rizal mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Kupang Kota dengan mengirimkan data-data narapidana yang melarikan diri tersebut.

Joao memang sudah sering masuk keluar RS karena sakit ginjal yang dideritanya.

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Siloam, Joao sendiri diketahui sudah pernah menjalani rawat inap di RS Bhayangkara Kupang, kemudian dirujuk ke RS Siloam.

Berdasarkan pemeriksaan laboratorium terakhir diketahui bahwa albumin dari Joao sangat rendah sehingga dibutuhkan pemberian albumin secara segera dengan dilakukan rawat inap.

"Hasil foto rontgen juga menunjukkan bahwa paru-paru Joao kotor dan terindikasi COVID-19," ujarnya.

Rizal mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pencarian terhadap Joao dengan mengerahkan tim yang sudah dibentuk bersama dengan pihak kepolisian dan pihak terkait.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X