The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pakai Dua Lapis Masker Disebut Berikan Tambahan Perlindungan, Ini Kata Ahli
Ilustrasi Masker. (photo/Unsplash/@markuswinkler)
News

Pakai Dua Lapis Masker Disebut Berikan Tambahan Perlindungan, Ini Kata Ahli

Sabtu, 06 Maret 2021 01:06 WIB 06 Maret 2021, 01:06 WIB

INDOZONE.ID - Simulasi superkomputer Jepang menunjukkan bahwa memakai dua lapis masker memberikan manfaat yang terbatas dalam menghalangi penyebaran virus dibandingkan dengan satu masker yang dipasang dengan benar.

Temuan itu sebagian berbanding terbalik dengan rekomendasi baru-baru ini yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bahwa pemakaian dua masker lebih baik dalam mengurangi paparan virus corona terhadap seseorang.

Para periset menggunakan superkomputer Fugaku untuk meniru aliran partikel virus dari orang-orang yang memakai berbagai jenis dan kombinasi masker, menurut sebuah penelitian yang dirilis pada Kamis (4/3) dikutip dari REUTERS, oleh raksasa penelitian Riken dan Universitas Kobe.

Baca juga: Terkait Suap Bansos, KPK Perpanjang Penahanan Juliari Batubara Selama 30 Hari

Menggunakan satu masker bedah, yang terbuat dari bahan yang bukan tenun, memiliki efektivitas 85 persen dalam memblokir partikel saat dikenakan di sekitar hidung dan wajah. Menambahkan masker poliuretan di atasnya meningkatkan keefektifan hanya menjadi 89 persen.

Mengenakan dua masker berbahan bukan tenun tidak berguna karena hambatan udara menumpuk dan menyebabkan kebocoran di sekitar tepinya.

“Menggunakan dua masker cukup tidak masuk akal," tulis para peneliti, yang dipimpin oleh Makoto Tsubokura.

Secara umum, masker N95 level profesional adalah yang terbaik dalam melindungi terhadap infeksi, diikuti oleh masker bukan tenunan, masker kain, dan terakhir jenis poliuretan, studi tersebut menunjukkan.

Tim peneliti Riken sebelumnya menggunakan superkomputer Fugaku untuk memodelkan bagaimana kelembapan dapat memengaruhi penularan virus dan risiko infeksi di kereta, ruang kerja, dan lingkungan lainnya.

Seiring pandemi COVID-19, konsensus ilmiah telah berkembang bahwa virus menyebar melalui udara dan penggunaan masker efektif dalam mengendalikan penularan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US