The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Panas! Detik-detik Polisi Datangi Rumah Habib Rizieq Tapi Dicegat Massa, Ini Penyebabnya
Kolase foto petugas Kepolisian saat datang kediaman Habib Rizieq (Istimewa) dan tangkapan layar pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab (YouTube FRONT TV)
News

Panas! Detik-detik Polisi Datangi Rumah Habib Rizieq Tapi Dicegat Massa, Ini Penyebabnya

Minggu, 29 November 2020 18:34 WIB 29 November 2020, 18:34 WIB

INDOZONE.ID - Sejumlah petugas Kepolisian dari Polda Metro Jaya mendatangi kediaman Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Minggu (29/11/2020) sore.

Ternyata, tujuan kedatangan petugas untuk menyerahkan surat pemanggilan terhadap Habib Rizieq.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya kini tengah menangani kasus kerumunan massa di kediaman Habib Rizieq beberapa waktu lalu.

Namun, tugas Kepolisian tidak mudah. Massa pendukung Habib Rizieq sempat mengadang mereka ketika ingin memasuki kediaman Habib Rizieq.

Situasi sempat tegang ketika kedua pihak terlibat adu mulut. Awalnya, pendukung Habib Rizieq membentuk barisan tepat di depan gang masuk rumah Habib Rizieq.

Kasubdit Kemnag Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Raindra Ramadhan Syah kemudian meminta diberi jalan.

"Saya harap kami diberi jalan," ujar Raindra.

Sesaat kemudian, para pendukung Habib Rizieq memenuhi permintaan itu. Namun dengan syarat jumlah petugas Kepolisian dibatasi. Sebab untuk menjaga protokol kesehatan.

Mereka pun menawarkan agar jumlah polisi yang masuk hanya tiga orang. Namun, Raindra menolak. Dia berpendapat bahwa jalan itu milik umum dan bisa diakses siapa saja.

Adu mulut kembali terjadi. Tapi akhirnya Raindra menyanggupi jika hanya tiga orang dari pihaknya yang boleh masuk.

"Ya sudah, tiga orang tim kami. Sisanya satu Bimas dan satu Babinsa," ucap Raindra.

Petugas Kepolisian pun akhirnya diperbolehkan masuk ke kediaman Habib Rizieq. Usai 15 menit berselang, petugas keluar dari kediaman pemimpin Front Pembela Islam (FPI) itu.

Sebelumnya, pihak Kepolisian mengungkap bahwa kasus kerumunan massa akibat acara yang digelar Habib Rizieq kini memasuki tahap penyidikan setelah ditemukan unsur pidana.

Hal ini diungkap oleh Kapolda Metro Jaya Fadil Imran kepada wartawan Jumat (27/11/2020) lalu.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, sudah ditemukan adanya perbuatan pidana sehingga hari ini naik sidik," kata Fadil.

Baru-baru ini, kabar mengejutkan juga kembali datang dari pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Habib Rizeq dikabarkan meninggalkan rumah sakit sebelum hasil pemeriksaannya keluar.

Hal inipun menimbulkan pro dan kontra. Apalagi setelah beredar kabar bahwa Habib Rizieq diduga kabur dari Rumah Sakit Ummi Bogor, Jawa Barat, melalui pintu belakang pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Di sisi lain, pihak Kepolisian ternyata juga menerima laporan dari Satgas COVID-19 Kota Bogor. Mereka melaporkan Direktur Utama Rumah Sakit Ummi Bogor, Andi Tatat, terkait hasil swab test Habib Rizieq Shihab.

Bahkan, petugas Kepolisian telah menjadwalkan pemanggilan terhadap saksi. Selain Andi, polisi juga akan memanggil menantu Habib Rizieq, Hanif Alatas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser saat menggelar konferensi pers pada Minggu (29/11/2020).

"Semua yang terkait di situ, mulai direktur, kemudian dokter yang menangani, perawat, maupun suster, atau siapa pun yang berkaitan nanti dengan hasil pemeriksaan seperti itu," kata Hendri.

Hendri mengatakan, para saksi akan dipanggil untuk mendalami dugaan penghalangan penanganan penyakit menular.

Jika ada yang terbukti bersalah, maka ancamannya mencapai satu tahun penjara sesuai Pasal 14 ayat 1 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984. 

"Dari laporan yang disampaikan oleh Satgas COVID, melaporkan bahwa Direktur Rumah Sakit Ummi menghalang-halangi SOP yang diterapkan dalam penanganan penyakit menular, bagaimana harus kordinasi dengan Satgas COVID siapa pun itu pasiennya," kata Hendri.

Sebelumnya, Direktur Utama Rumah Sakit Ummi Bogor, Andi Tatat menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab beserta keluarga sempat mengajukan permintaan pulang kepada pihaknya pada Sabtu (28/11/2020) malam. 

"Pasien dan keluarga pada Sabtu malam menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri," ucap Andi dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Saat itu, pihak rumah sakit memberikan penjelasan bahwa Rizieq Shihab belum diperkenankan untuk pulang, lantaran hasil pemeriksaan yang belum keluar.

"Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," terangnya.

Oleh sebab itu, Andi menyatakan bahwa pihaknya tidak bertanggungjawab jika terjadi sesuatu pada Rizieq Shihab yang memaksakan diri untuk meninggalkan rumah sakit.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda Fahriza Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US