Rumah Ibunya Mahfud MD Digeruduk Massa, Rocky Gerung Teringat Humor Gus Dur

- Rabu, 2 Desember 2020 | 13:56 WIB
Rocky Gerung komentari aksi massa yang menggeruduk rumah ibu Mahfud MD di Pamekasan, Madura. (Dok: Istimewa)
Rocky Gerung komentari aksi massa yang menggeruduk rumah ibu Mahfud MD di Pamekasan, Madura. (Dok: Istimewa)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berang terkait adanya massa yang menggeruduk kediaman ibunya di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Dia pun akan bikin perhitungan dengan pihak-pihak yang coba mengganggu ibunya.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik Rocky Gerung mengatakan, etnis Madura itu memiliki keterus terangan seperti etnis Betawi. Dia coba memahani, karena soal Habib Rizieq yang terus menerus diucapkan publik hari ini. 

Bahkan terkait aksi massa menggeruduk rumah ibu Mahfud MD di Pamekasan, Madura pun sempat dikait-kaitkan dengan FPI. Meski akhirnya hal itu dibantah FPI.

"Saya bisa mengerti karena hanya soal Habib Rizieq yang terus menerus diucapkan hari ini. Kelihatannya ke manapun Habib Rizieq melangkah kekuasaan udah ada di situ lebih dulu. Jadi mungkin juga teman-teman di Madura ada yang kurang pas secara kekuasaan menghadapi Habib Rizieq," tutur Rocky Gerung dalam diskusi bersama Hersubeno Arif di akun Youtube Rocky Gerung Official, Rabu (2/12/2020).

"Dan ekspresinya gak mungkin harus bawa truk menyebrang jembatan Suramadu, terus jalan truknya ke Istana. Jadi simbol yang paling dekat Pak Mahfud tentu dan saya anggap itu satu bentuk ekspresi aja yang secara simbolik menerangkan pikiran kritis itu ada di mana-mana sekarang tuh," sambungnya.

Rocky menjelaskan, hal ini menunjukan bahwa politik sudah merembes ke semua wilayah dan orang jadi peka dengan keadaan di Jakarta sebagai pusat Ibu Kota. Hal ini juga menunjukan suhu politik sedang meninggi.

"Harus dibaca oleh intelijen dengan baik dan dirumuskan sebagai kebijakan oleh KSP (Kepala Staff Presiden), lalu tiba pada Presiden Jokowi dan musti ambil suatu langkah politik yang bijak. Terutama akhir-akhir ini pemerintah pamer peralatan kekerasan untuk membekuk Habib Rizieq," jelas dia.

Semua kejadian-kejadian di Jakarta, akhirnya diterjemahkan secara sangat taktis di Madura. Sebab, mereka memilih berdemonstrasi di rumah ibu dari Menko Polhukam Mahfud MD sebagai simbol kekuasaan.

"Mungkin kalau ada kendaraan lebih cepat, mungkin teman-teman di Madura bergerak ke Solo buat demo di depan rumah Pak Jokowi," kelakar khas Rocky Gerung sambil tertawa.

Hersubeno sebagai penanya dan pemandu diskusi menyampaikan, dirinya memang tidak sepakat jika rumah orangtua didemo. Tapi, dari sisi kultur Madura yang perlu dipahami di sini.

Baca Juga: Rumah Ibunya Digeruduk Massa, Mahfud MD Bakal Bikin Perhitungan

Rocky mengaku, sudah sedikitnya 4 kali ke Madura terutama selama hajatan Pilrpres 2019 lalu. Bahkan, dirinya sempat diundang ceramah di rumah seorang ustadz di sana dan di kampus-kampus Madura.

"Saya kasih ceramah di salah satu rumah ustadz sepuh di Madura waktu itu baru meninggal. Satu tahun kemudian, saya diundang diberi ceramah yang rumahnya berhadap-hadapan dengan masjid, yang saya di-bully seolah-olah ceramah di dalam masjid, padahal saya ceramah di rumah ustadz itu," kenangnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X