The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Uni Eropa Berikan Rp8,5 Miliar Untuk Bantu Korban Gempa Sulbar
Ilustrasi bendera Uni Eropa. (photo/REUTERS/Yves Herman)
News

Uni Eropa Berikan Rp8,5 Miliar Untuk Bantu Korban Gempa Sulbar

Jumat, 22 Januari 2021 01:03 WIB 22 Januari 2021, 01:03 WIB

INDOZONE.ID - Uni Eropa memberikan bantuan darurat senilai 500.000 euro atau sekitar Rp8,5 miliar untuk membantu masyarakat korban gempa bumi di Sulawesi Barat.

"Bantuan tersebut merupakan (bentuk) pernyataan solidaritas Uni Eropa kepada Indonesia atas banyaknya korban gempa. Kedekatan hubungan kita mendorong kami untuk mengulurkan tangan," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Pike, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (21/1) dikutip dari ANTARA.

Pendanaan Uni Eropa tersebut disalurkan melalui Operasi Perlindungan Sipil dan Bantuan Kemanusiaan Uni Eropa atau European Civil Protection and Humanitarian Aid Operations (ECHO) sebesar 300.000 euro serta lewat Disaster Relief Emergency Fund (DREF) sebesar 200.000 euro.

Bantuan dana tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan bagi 24.000 masyarakat di beberapa wilayah yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Majene, Mamuju dan Polewali Mandar.

Pendistribusian bantuan tersebut melibatkan lembaga kemanusiaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Adventis Development and Relief Agency (ADRA) Internasional, serta Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah atau The International Federation of Red Crosss and Red Crescent Societies (IFRC).

Bantuan akan diberikan dalam bentuk uang tunai, peralatan tempat tinggal darurat, perlengkapan kesehatan, persediaan air bersih serta kebutuhan darurat lainnya.

Uni Eropa juga akan menyediakan pelatihan kepada masyarakat setempat tentang cara pembangunan kembali rumah agar lebih tahan terhadap bencana. Perhatian khusus juga akan diberikan kepada kelompok paling rentan dan terpinggirkan, termasuk rumah tangga yang dikepalai oleh perempuan dan penyandang disabilitas.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US