Mentan: 'Food Estate' di Humbahas Jadi Contoh Korporasi Hortikultura

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:33 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kawasan lumbung pangan di Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara, Selasa (27/10/2020). (Photo/ANTARA/Kementerian Pertanian)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kawasan lumbung pangan di Kabupaten Humbahas, Sumatra Utara, Selasa (27/10/2020). (Photo/ANTARA/Kementerian Pertanian)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pengembangan kawasan lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, akan menjadi percontohan terhadap korporasi pertanian khusus komoditas hortikultura.

Hal itu disampaikan oleh Mentan saat mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan lumbung pangan di Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, Selasa (27/10/2020), bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

"Lahan-lahan itu akan menjadi bagian dari contoh koperasi pertanian dari hulu ke hilir dari budidaya pascapanen dan kemudian di industri 3 komoditi dasar yang Presiden perintahkan kepada kami untuk diujicobakan di Sumatera Utara ini," kata Syahrul, dilansir dari Antara, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, ada juga kawasan pangan di Kabupaten Humbahas merupakan pengembangan lahan pertanian berbasis hortikultura sebagai komoditi utama.  Tiga komoditas utama itu, yakni kentang, bawang merah dan bawang putih.

Berdasarkan yang disampaikan Mentan dari arahan Presiden Jokowi, ia mengatakan pengembangan proyek food estate akan digarap oleh para perusahaan dan industri besar. Selain itu, peran besar dari masyarakat kabupaten Humbahas baik di hulu hingga hilir juga harus dilibatkan secara aktif.

Sementara Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Humbahas Sumatera Utara, melakukan pengecekan terhadap benih dan menyaksikan pengolahan lahan tanam berbasis teknologi modern dengan penerapan mekanisasi pertanian serta penanaman bibit komoditas hortikultura yang telah disiapkan.

"Yang akan ditanam di sini seperti kita lihat ini adalah tempat dimulainya food estate di Provinsi Sumatera Utara yaitu untuk tanaman pertama kentang, yang kedua bawang merah dan yang ketiga bawang putih. Insya Allah ini sudah dimulai tanamnya dan hasilnya akan kita lihat kira-kira nanti 2-2,5 bulan," kata Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X