DPR Minta Masyarakat Disiplin Terapkan Social Distancing

- Senin, 16 Maret 2020 | 11:09 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).
Ketua DPR Puan Maharani (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, menyatakan dukungannya terkait sistem penanggulangan virus corona (Covid–19) dengan menerapkan isolasi terbatas dan karantina wilayah, berdasarkan UU No. 6 tahun 2018 tentang Karantina.

Dia juga meminta masyarakat dan pemerintah disiplin terkait kebijakan social distancing (membatasi interaksi sosial), misalnya meliburkan sekolah dan menggantinya dengan sistem belajar online. Masyarakat pun diminta membatasi pertemuan-pertemuan yang melibatkan keramaian massa.

"Menyarankan warga untuk bekerja dari rumah serta bentuk-bentuk aktivitas lain yang mendukung social distancing. Oleh karena itu, DPR RI meminta pemerintah dan masyarakat disiplin melaksanakan social distancing," kata Puan ketika dikonfirmasi Indozone, Senin (16/3/2020).

Menurutnya, tujuan social distancing tidak hanya mencegah seseorang terpapar penyakit, tetapi menghindari pasien menularkan ke orang lain. Cara ini dinilai paling efektif untuk penyakit-penyakit yang bertransmisi melalui droplet, seperti batuk dan bersin.

Social distancing juga dianggap efektif untuk kasus corona. Dalam sejarah, taktik itu mampu mengatasi kasus pandemi flu virus, misal H11N1 di Amerika Serikat pada 1918.

Puan juga meminta pemerintah berlaku transparan terkait informasi konkret soal penanganan, dan penanggulangan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 harus segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah Corona secara transparan kepada masyarakat, termasuk langkah-langkah kongkret bagaimana mencegah meluasnya penyebaran (wabah) pandemi corona," ujarnya.

Menurut Puan, Gugus Tugas harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah corona.  

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X