Ternyata Jokowi Berikan Bansos Agar Warga Tidak Mudik

- Kamis, 9 April 2020 | 17:24 WIB
Presiden Jokowi. (ANTARA/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi. (ANTARA/Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memiliki tujuan khusus dari pemberian bantuan sosial (bansos) bagi warga di Jabodetabek. Tujuan khusus tersebut adalah agar masyarakat tidak melakukan mudik saat Lebaran 2020 demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

"Bansos khusus Jabodetabek ini agar warga tidak mudik, tapi sekali lagi nanti akan ada evaluasi dan kemungkinan juga bisa kita memutuskan hal yang berbeda setelah evaluasi di lapangan kita dapatkan," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (9/4/2020).

Namun begitu, Jokowi memaklumi jika ada warga yang memang benar-benar harus pulang ke kampungnya. Oleh sebab itu, pihak pemerintah akan membagi beberapa kelompok pemudik.

"Pemerintah juga mengkalkulasi ada dua kelompok pemudik yang tidak bisa kita larang-larang mudik, kelompok pertama adalah warga terpaksa pulang kampung karena alasan ekonomi setelah pembatasan sosial sehingga penghasilannya turun atau bahkan tidak ada," kata Presiden.

-
Presiden Joko Widodo. (photo/ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Sedangkan kelompok kedua, mudik karena memang melanjutkan tradisi puluhan tahun di Indonesia.

"Jadi sekali lagi pembatasan mudik dan kemungkinan larangan mudik akan kita putuskan setelah melalui evaluasi lapangan yang kita lakukan setiap hari," ungkap Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menegaskan bagi ASN, anggota TNI, Polri, pegawai BUMN dan anak perusahaannya dilarang mudik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X