Riza Patria Jadi Wagub DKI, Dukungan Gerindra ke Anies Bersifat Taktis

- Selasa, 7 April 2020 | 19:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan keterangan dalam jumpa pers di Pendopo Gubernur DKI Jakarta. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberikan keterangan dalam jumpa pers di Pendopo Gubernur DKI Jakarta. (INDOZONE/Murti Ali Lingga)

Direktur Eksekutif IndoStrategi Research and Conuslting, Arif Nurul Imam menyatakan terpilihnya Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakara mendamping Anies Baswedan membuat Partai Gerindra sedikit mengubah haluannya.

"Saya kira dukungan Partai Gerindra kepada Anies-Riza sifatnya taktis, kalau itu menguntungkan bagi Gerindra, partai akan mendukung penuh," kata Arif kepada Indozone, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya, dukungan Partai Gerindra yang diberikan kepada Anies tidak utuh. Sebab, sejak Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjabat Menteri Pertahanan, terlihat partai besutannya cenderung kritis terhadap Anies.

"Akan tetapi masuknya Riza tentu positioning Gerindra akan lebih lunak atau mem-back up kinerja Anies dalam titik tertentu. Sisi lain Gerindra juga akan koresksi kebijakan mereka jika berlawanan dengan aspirasi publik," jelasnya.

-
Petugas menghitung suara pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan calon dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan calon dari PKS Nurmansyah di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4/2020). (ANTARA/Humas DPRD DKI Jakarta)

Arif mengaku sudah memprediksi sejak lama kalau Riza berpotensi menududuki kursi Wagub DKI. Dia menilai, Riza cukup pengalaman mulai menjadi tokoh politik di Senayan dan malang melintang sebagai aktivis pergerakan sehingga memiliki jaringan dan potensi lobi politik.

"Apalagi Gerindra saat ini menjadi partai pendukung pemerintah dan memudahkan dia menggalang dukungan dari koalisi pendukung Jokowi," ucap dia.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X