Gunung Karangetang Luncurkan Lava Pijar

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 13:31 WIB
Lava di kawah Gunung Karangetang. (dok. PVMBG)
Lava di kawah Gunung Karangetang. (dok. PVMBG)

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, luncurkan lava pijar. Saat ini, Gunung Api Karangetang berstatus Siaga (Level III).

Berdasarkan laporan aktivitas vulkanik Gunung Karangetang guguran lava pijar terjadi dari pukul 00.00 sampai 06.00 WITA dan mengarah ke Kali Sense, Kali Nanitu, dan Kali Pangih.

"Jarak luncurnya diperkirakan mencapai 700--1.500 meter, tumpukan leleran lava Kali Kinali tampak masih membara," kata petugas Pos Pengamatan Gunung Karangetang, Yudia Prama Tatipang, Kamis (29/8).

Ia mengatakan, ketinggian sinar api di kawah utama diperkirakan mencapai 25 meter. Asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dengan tinggi sampai 150 meter di atas puncak kawah.

Gempa embusan terekam 18 kali dengan amplitudo 10 sampai 15 milimeter dan durasi 20 sampai 25 detik di gunung api itu.

Ia mengingatkan agar warga dan wisatawan tidak melakukan pendakian, dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya dalam radius 2,5 kilometer dari puncak kawah dua (kawah utara) dan kawah utama (selatan).

Warga juga dianjurkan menyiapkan masker penutup hidung dan mulut untuk mengantisipasi dampak hujan abu.

"Untuk warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai, kami mengimbau agar meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X