5 Kota Batik Terbaik Di Pulau Jawa, Cocok Buat Kamu Pecinta Batik

- Kamis, 29 Agustus 2019 | 17:20 WIB
instagram/@batik_benangraja/@btbatiktrusmi
instagram/@batik_benangraja/@btbatiktrusmi

Batik Indonesia sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan nusantara sejak tahun 2009.  Setiap kota di Indonesia memiliki  ciri khas coraknya masing-masing. Buat kamu pecinta batik, 5 kota di Indonesia ini bisa menjadi surga buatmu berburu batik. Yuk simak informasi selengkapnya.

1. Solo

-
instagram/dolbatikpkl

 

Solo sudah lama dikenal sebagai kota batik di Indonesia. Saat berkunjung ke Solo kamu bisa menyambangi Kampung Batik Kauman atau Museum Batik Danar Hadi. Disini kamu bisa mencari batik seperti apa yang kamu inginkan.

2. Pekalongan

-
instagram/@borneo2batik

 

Kota batik yang satu ini dikenal sebagai kota yang selalu mengembangkan produksi batik modern. Ciri khas dari batik ini ialah penggunaan warna yang cerah dengan nuansa alam seperti burung berwarna merah dan biru atau bunga-bunga.

3. Yogyakarta

-
instagram/@batikpradayogyakarta

 

Kota yang sudah ditetapkan sebagai kota batik oleh UNESCO tahun 2014 nama Yogyakarta semakin dikenal dunia. Jika berkunjung ke Yogyakarta, kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional untuk berburu batik.

4. Madura

Ciri khas dari batik Madura ialah motif bunga atau burung dengan sedikit sentuhan seni China. Biasanya batik asal Madura dihiasi dengan warna merah mengkudu, merah kecoklatan atau warna warni indigo yang menggamnbarkan motif naga bersayap, kuda terbang dan hewan lainnya.

5. Cirebon

-
instagram/@batik_cirebonan

 

Batik Cirebon dikenal dengan motif megamendung yang tak kalah cantik dengan batik dari daerah lainnya. Selain berburu batik, di Cirebon kamu juga bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang menarik.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X