Harga Kentang & Tomat di Medan Naik Karena Erupsi Gunung Sinabung

- Rabu, 12 Juni 2019 | 18:53 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin)
(photo/ANTARA FOTO/Tibta Peranginangin)

Erupsi gunung Sinabung berdampak pada lahan pertanian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Para petani harus memanen lebih awal. Hal itu berdampak pada harga sejumlah pangan seperti kentang dan tomat di Medan.

Seperti diketahui, 2 jenis pangan di kota Medan itu didominasi berasal dari lahan pertanian Kabupaten Karo.

"Sejak Senin kemarin, 10 Juni 2019, harga kentang naik. Karena pengaruh erupsi Sinabung?" kata Pedagang Pasar Petisah, Medan, Nur Cahaya.

Nur Cahaya mengatakan, harga kentang naik Rp 4 ribu per kilogram dari harga biasanya. Sementara untuk tomat, mengalami kenaikan Rp 3 ribu.

"Ya, harga kentang di pasaran sebelum di jual Rp8 ribu per kilogram saat ini naik menjadi Rp12 ribu per kilogram. Sedangkan, Tomat juga naik dari harga sebelumnya Rp 9-10 ribu sekarang Rp13 ribu per kilogram," tutur Nur Cahaya.

Nur berpendapat, kenaikan harga itu disebabkan karena dampak dari erupsi Sinabung. Karena erupsi itu, para petani di Kabupaten Karo harus memanen sebelum masanya.

"Petani di Brastagi sudah panen kentang sebelum masa panennya. Karena sebagian tanaman tertutupi sama abu vulkanik Sinabung," kata Nur Cahaya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X