Cegah Virus Corona, Bilik Disinfektan Dipasang di Gedung MUI

- Selasa, 24 Maret 2020 | 21:44 WIB
Pemasangan Disinfection Chamber di kantor MUI, Jakarta oleh Dompet Dhuafa - ARBI (Dok Dompet Dhuafa)
Pemasangan Disinfection Chamber di kantor MUI, Jakarta oleh Dompet Dhuafa - ARBI (Dok Dompet Dhuafa)

Dompet Dhuafa bersama dengan Arus Baru Indonesia (ARBI) memasang bilik disinfektan atau sterilisasi (disinfection chamber) di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta. Sarana ini merupakan salah satu cara dalam menanggulangi penularan virus corona (Covid-19) yang sedang mewabah di Indonesia dan menjadi pandemi di dunia.

Ketua ARBI Dr Lukmanul Hakim mengajak para ulama, ustad, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum memiliki kesadaran dan peduli untuk melindungi diri dan menghindari tersebarnya virus Covid-19. 

"Kami siapkan bilik sterilisasi ini untuk nengantisipasi penularan covid-19," ujar Lukmanul Hakin, yang juga pengurus MUI, di Kantor MUI, Selasa (24/3/2020).

-
Pemasangan Disinfection Chamber di kantor MUI, Jakarta oleh Dompet Dhuafa - ARBI (Dok Dompet Dhuafa)

Lukman meminta masyarakat tetap berada di rumah mengikuti anjuran pemerintah. Bila terpaksa dan mendesak harus keluar rumah ikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dan membersihkan diri dengan disinfektan melalui bilik serilisasi. 

"Ikuti peraturan penerintah untuk melindungi masyarakat," kata Lukman yang juga menjabat Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Sementara itu, Chief Communication Officer (CCO) Dompet Dhuafa, Guntur Subagja menjelaskan, Dompet Dhuafa sangat concern terhadap antisipasi Covid-19 bagi masyarakat. 

Selain melakukan penyenprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah, sekolah, dan area publik, Dompet Dhuafa juga memasang bilik sterilisasi di berbagai tempat layanan publik dan area publik. 

"Kami mengajak masyarakat berpartisipasi untuk menyediakan 1.000 bilik sterilisasi. Bilik-bilik itu akan dipasang antara lain di bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, dan sarana publik lainnya," tuturnya. 

-
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Hablul Muttaqin, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Ia mengungkap, tim Crisis Center Cegah Tangkal Corona Dompet Dhuafa melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di berbagai fasilitas umum hingga pelosok pemukiman baik di lingkup Jabodetabek maupun seluruh kota besar di Indonesia, Dompet Dhuafa terus bergerak dengan inovasi-inovasi dalam cekal corona, yaitu membuat 1000 unit bilik sterilisasi (Body Chamber) yang akan di salurkan ke berbagai fasilitas umum di wilayah Jabodetabek.

“1000 unit ini akan di sebar ke seluruh fasilitas umum di Jabodetabek, bilik sterilisasi  (Body Chamber) ini berfungsi untuk sterilisasi secara keseluruhan badan bagi para masyarakat dalam menggunakan fasilitas umum baik moda transportasi maupun pejalan kaki," tuturnya. 

"Semua yang memasuki area fasilitas umum diwajibkan memasuki alat tersebut untuk disterilkan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel," imbuhnya. 

Adapun komposisi cairan antiseptik yang digunakan pada chamber, kandungannya berbeda dengan cairan desinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik. Hal itu diharapkan bisa mengurangi kasus pandemi virus corona.

"Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer, sehingga dijamin aman untuk publik dalam menggunakan bilik sterilisasi (Body Chamber)," ujar General Manager Remo Dompet Dhuafa, Doni Marlan. 


Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X