Penggunaan Alat Makan Bersama Bisa Tularkan Virus Corona?
Ilustrasi peralatan makan. (Pexels/Engin Akyurt)
News

Penggunaan Alat Makan Bersama Bisa Tularkan Virus Corona?

Menular melalui percikan.

Jumat, 20 Maret 2020 20:46 WIB 20 Maret 2020, 20:46 WIB

INDOZONE.ID - Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, masyarakat yang belum terpapar harus semakin meningkatkan kewaspadaan guna melindungi diri dari penularan virus corona baru. Seperti yang diketahui, virus menular melalui droplet atau percikan yang bisa menginfeksi tubuh apabila masuk lewat mukosa.

Para ahli mengimbau agar masyarakat menghindari menyentuh wajah menggunakan tangan karena virus corona baru bisa masuk lewat mukosa seperti mata, hidung, dan mulut. Selain menghindari menyentuh wajah, ada hal lain yang juga harus dilakukan. Salah satunya adalah hindari penggunaan makan bersama.

Menurut dokter spesialis gigi dan bedah mulut, Dr, drg. R.M. Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, penggunaan alat makan bersama dapat menjadi media penularan virus corona baru. Terutama pada orang-orang dengan mukosa mulut, gusi, dan air liur yang rentan terhadap penyakit. Dirinya memberi contoh penggunaan alat makan bersama di keluarga.

"Contoh ternyata ada anggota keluarga yang sudah terkena Covid-19 tapi tidak terasa karena dia hiden carrier dan ternyata masa inkubasi virus belom tuntas. Anggota keluarga tersebut kemudian makan menggunakan sendok dan ternyata air liurnya keluar nempel di sendok. Lalu ada anggota keluarga lain yang menggunakan sendok dia, bisa jadi tertular," ujar drg. Seno dalam konferensi pers online Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020, Jumat (20/3/2020).

Alat makan
Alat makan (freepik)

Dalam konferensi pers online yang diadakan oleh kerja sama Pepsodent dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) itu juga mengungkapkan bila penularan virus corona baru bisa terjadi melalui alat makan di restoran. Sebab tidak menutup kemungkinan alat tersebut dicuci atau dibersihkan kurang steril.

Apabila orang yang menggunakan alat makan sebelumnya mengeluarkan air liur yang mengandung virus, maka bisa menularkan virus ke orang lain yang menggunakan alat makan setelahnya.

"Jadi kembali lagi, alat apapun yang digunakan harus steril dan dipakai personal. Penggunaan sendok, garpu, gelas, botol, jangan bersama-sama. Begitu juga dengan handuk dan sapu tangan karena kalau dipakai di wajah lalu kena air liur bisa turut menularkan virus," pungkas dr Seno.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US