Pakar Kesehatan Sebut Pasien Meninggal Covid-19 Tak Tularkan Penyakitnya
Ilustrasi - Petugas medis berada di sekitar ruang perawatan Nusa Indah yang dilengkapi dengan ruangan isolasi. (photo/ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
News

Pakar Kesehatan Sebut Pasien Meninggal Covid-19 Tak Tularkan Penyakitnya

Jumat, 27 Maret 2020 00:05 WIB 27 Maret 2020, 00:05 WIB

INDOZONE.ID - Para Pakar Kesehatan yang juga menjadi Koordinator Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi mengatakan bahwa pasien yang meninggal dunia akibat terjangkit virus corona tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang lain.

Melalui konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (26/3/2020), Wahyuhadi mengatakan bahwa virus akan mati jika orang yang terinfeksi tersebut telah meninggal.

"Setiap virus hanya bisa hidup dengan cara menumpang pada sel manusia. Maka ketika pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia, virus yang ada di dalam tubuhnya ikut mati," katanya.

Ia menjelaskan bahwa pedoman dan prosedur penanganan jenazah yang meninggal akibat Covid-19 yaitu dengan memasukannya ke kantong plastik. Dan sebelum dimakamkan, pasien tersebut juga disemprotkan disinfektan.

"Harus dimasukkan ke kantong plastik karena tidak boleh ada cairan keluar dari tubuh pasien COVID-19 yang meninggal dunia," ucap Direktur Utama RSUD dr Soetomo itu.

"Sebenarnya, kalau pedoman ini dijalankan tidak ada masalah bagi orang lain, seperti keluarga atau para tetangganya turut mengantar ke pemakaman," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US