Menlu Retno ke Menlu Rusia: Segera Hentikan Peperangan

- Kamis, 31 Maret 2022 | 15:27 WIB
Menlu RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov (kanan). (Dok. Kemlu RI)
Menlu RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov (kanan). (Dok. Kemlu RI)

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov. Dia menyampaikan bahwa Indonesia meminta agar peperangan yang terjadi di Ukraina segera dihentikan.

Retno bertemu Lavrov di sela-sela pertemuan Neighboring Countries of Afghanistan + Afghanistan Foreign Ministers Dialogue di Tunxi, China.

Dia menjelaskan bahwa pertemuan dengan Lavrov merupakan komunikasi kedua dalam beberapa belakangan terakhir. Sebelumnya komunikasi dilakukan via telepon.

“Kali ini kembali kita membahas isu mengenai Ukraina. Saya menekankan kembali posisi prinsip Indonesia yang konsisten dipegang teguh oleh Indonesia, termasuk penghormatan terhadap hukum internasional dan prinsip-prinsip Piagam PBB, seperti kedaulatan dan integritas wilayah,” tuturnya saat jumpa pers, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: Mayang Sempat Tak Setuju Doddy Sudrajat Menikah dengan Puput: Mama Tiri Itu Kejam, Jahat

Pada kesempatan itu, Retno menyampaikan bahwa Rusia harus segera menghentikan serangan ke Ukraina karena dampaknya bagi kemanusiaan sangat luar biasa.

“Indonesia menyampaikan pentingnya segera dihentikan peperangan karena dampaknya terhadap kemanusiaan sangat luar biasa,” ujarnya.

“Belum lagi dampaknya terhadap pemulihan ekonomi global,” tambah Retno.

Indonesia, lanjut Retno, mengharapkan negosiasi yang sedang berjalan antara Rusia dan Ukraina terus dapat diteruskan dan mencapai hasil yang baik. 

“Oleh karena itu diperlukan fleksibilitas agar negosiasi dapat membuahkan hasil yang baik,” kata Retno.

“Dan semua pihak harus berupaya agar perang segera berakhir dan situasi kemanusiaan tidak semakin memburuk,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X