Kejahatan Rasial: Orang Tua Asia Ini Terluka Parah Setelah Diserang Pria Tak Dikenal

- Rabu, 28 April 2021 | 13:48 WIB
Pria Asia yang diserang orang  tak dikenal (REUTERS/Shannon Stapleton)
Pria Asia yang diserang orang tak dikenal (REUTERS/Shannon Stapleton)

Pada hari Selasa waktu setempat, Polisi New York City mengatakan bahwa seorang pria yang terlibat dalam kejahatan rasial yang terjadi di distrik Harlem Manhattan Jumat lalu telah ditangkap.

Dikutip dari Reuters, polisi menyebut tersangka sebagai Powell, pria berusia 49 tahun. Pihak berwenang menuduhnya dengan dua tuduhan penyerangan dan satu percobaan pembunuhan, tetapi tidak menuntutnya dengan kejahatan rasial.

Kejadian ini terjadi pada jam 8 malam tanggal 23 April, di mana seorang imigran Tiongkok berusia 61 tahun, Yao Pan Ma sedang berjalan di jalan sambil mendorong botol yang dia ambil di Harlem.

Tapi, tiba-tiba seorang pria berpakaian hitam berjalan dari belakang menyerangnya, sehingga menyebabkan luka parah bahkan sampai koma.

Video langsung yang dirilis oleh polisi kota menunjukkan bahwa Ma Yaopan didorong ke tanah dan penyerang menginjak kepalanya dengan kakinya setidaknya 6 kali.

Tersangka melarikan diri tanpa jejak. Seorang sopir bus menemukan Ma Yaopan dan menelepon polisi untuk meminta bantuan.

Powell telah ditangkap 15 kali dalam 33 tahun terakhir, kata pihak polisi. Menurut kepolisian New York, 66 laporan kebencian Asia telah diterima sepanjang tahun ini, yang lebih dari lima kali lebih banyak dari 12 kasus pada periode yang sama tahun lalu dan dua kali lipat dari 28 kasus sepanjang tahun lalu.

Dikutip dari Oriental Daily, Ma Yaopan adalah koki dim sum di sebuah restoran China. Karena pandemi virus corona dia harus memungut botol plastik dan kaleng soda di jalan untuk memenuhi kebutuhannya.

Ma Yaopan dan istrinya yang berusia 57 tahun, Chen Baozhen, berasal dari Provinsi Guangdong. Istrinya mengatakan dalam wawancara Kanton bahwa suaminya hanya ingin membantu keluarga memenuhi kebutuhan dan tidak memiliki niat jahat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X