Kominfo Terus Berkomitmen untuk Kawal Transformasi Digital

- Jumat, 30 April 2021 | 14:33 WIB
 Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, saat peringatan Nuzulul Quran di kantor Kementerian Kominfo, Kamis (29/4/2021). (kominfo.go.id)
Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, saat peringatan Nuzulul Quran di kantor Kementerian Kominfo, Kamis (29/4/2021). (kominfo.go.id)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berkomitmen untuk mengawal transformasi digital di Indonesia. Hal tersebut agar teknologi bisa berperan dengan baik.

"Teknologi yang bebas nilai ibarat pisau dapur dibuat tergantung digunakan untuk apa, nilainya ditentukan dari penggunanya, manusianya," kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, dalam siaran pers, dikutip Jumat (30/04), seperti dilansir Antara.

Ismail mengatakan bahw transformasi digital, mendorong perubahan kultur dan budaya lewat perubahan teknologi tinggi, seperti teknologi informasi, teknologi komputer, kecerdasan buatan hingga analisis data.

"Teknologi-teknologi ini dan perubahan yang didorong untuk kita melakukan survei dalam kondisi menghadapi pandemi Covid-19 ini membuat kita semua perlu merenungkan," kata Ismail.

Awalnya, teknologi dipandang bebas nilai, bahwa nilai tersebut terletak pada manusia yang memanfaatkan teknologi tersebut, bukan pada teknologi.

Namun, seiring dengan perkembangan, teknologi menjadi semakin canggih dan rumit sehingga sulit untuk memisahkan nilai terletak pada teknologi atau pada manusia yang menggunakannya.

Ismail menilai teknologi informasi saat ini mempunyai kompleksitas yang beragam.

"Misalnya, teknologi ketika merancang bom nuklir, ketika merancang senjata biologis dan sebagainya. Apakah teknologi ini bisa dikatakan bebas nilai? Pertanyaannya, mampukah kita menjaga agar transformasi digital ini tetap memiliki value, memiliki nilai yang bermanfaat buat kehidupan umat manusia," kata Ismail.

Adapun salah satu tugas penting Kominfo saat ini adalah untuk membantu mengawal perubahan tatanan kehidupan sosial, masyarakat, berbangsa dan bernegara dengan teknologi yang rumit mampu tetap menjaga nilai-nilainya yang dikandung di dalamnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X