The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gempa M 5,9 Guncang Ambon, Warga Dilaporkan Panik dan Berhamburan ke Luar Rumah
Lokasi Gempa. (Foto: Instagram/@infoBMKG)
News

Gempa M 5,9 Guncang Ambon, Warga Dilaporkan Panik dan Berhamburan ke Luar Rumah

Tidak Berpotensi tsunami

Kamis, 04 November 2021 11:10 WIB 04 November 2021, 11:10 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,9 mengguncang Ambon, Kamis, pada pukul 11.42 WIT. BMKG Memastikan jika gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Lewat unggahannya di Instagram, BMKG melaporkan pusat gempa berada di 16 kilometer (km) barat Wahai, Maluku Tengah (Malteng), 27 km timur laut Sawai, Malteng, di kedalaman 10 km, dengan lokasi 2,81 Lintang Selatan (LS) dan 129.34 Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut memiliki skala V MMI di Sawai, IV di Wahai, III MMI di Ambon, sedangkan di Masohi, Saparua mencapai skala III MMI.

Sementara itu, seperti dilansir ANTARA di Ambon, gempa yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya membuat warga menjadi panik dan berhamburan keluar rumah dan lokasi perkantoran.

BACA JUGA: Warga Mengungsi Akibat Gempa Bumi Jenis Swarm di Ambarawa, Ini Foto-fotonya

Aparat Sipil Negara (ASN) di kantor Gubernur Maluku dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berhamburan keluar karena guncangan yang cukup kuat dirasakan. Masyarakat dapat merasakan getaran tersebut, sedangkan benda-benda yang tergantung tampak bergoyang. 

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Pastikan untuk memeriksa bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US