Jerman Larang Estonia Kirim Pasokan Senjata Buatannya kepada Ukraina

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 12:32 WIB
Pasukan tentara Ukraina berjaga di wilayahnya. (REUTERS/HO)
Pasukan tentara Ukraina berjaga di wilayahnya. (REUTERS/HO)

Jerman mencegat sekutunya di NATO, Estonia, memberi dukungan militer ke Ukraina, dengan tidak mengizinkan senjata buatan Jerman untuk diekspor ke Kiev. Terlebih saat ini Ukraina tengah bersiap menghadapi kemungkinan invasi Rusia.

Sebelumnya awal pekan ini, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) merestui Lithuania, Latvia, dan Estonia mengirim rudal buatan AS dan senjata lainnya ke Ukraina karena Presiden Joe Biden memprediksikan bahwa Rusia akan bergerak menuju Ukraina.

Banyak sekutu lainnya di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), seperti Inggris dan Polandia, yang menyetujui ekspor senjata langsung ke Ukraina, namun pemerintah Jerman ogah untuk melakukan langkah yang sama.

"Jerman dalam beberapa tahun terakhir ini tidak mendukung ekspor senjata yang mematikan," kata Kanselir Jerman Olaf Scholz, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (22/1/2022).

Terkait Estonia, Berlin menolak untuk mengizinkan negara ketiga mengirim artileri ke Ukraina sebab senjata-senjata itu berasal dari Jerman, menurut WSJ yang mengutip pejabat Estonia dan Jerman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X