OKI Akan Siapkan Dana Kemanusiaan untuk Afghanistan

- Senin, 20 Desember 2021 | 14:35 WIB
Gedung parlemen Pakistan. (REUTERS/Waseem Khan)
Gedung parlemen Pakistan. (REUTERS/Waseem Khan)

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang diselenggarakan di Islamabad, Pakistan, Minggu (19/12/2021), mengumumkan serangkaian langkah untuk mengurangi krisis kemanusiaan di Afghanistan.

OKI dihadiri oleh menteri luar negeri negara-negara anggota organisasi tersebut dan perwakilan dari PBB, AS, Inggris, Jerman, Jepang, Italia, dan beberapa organisasi internasional.

Delegasi Afghanistan, yang dipimpin oleh pejabat Menteri Luar Negeri Amir Muttaqi juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Menlu Pakistan Desak Negara Islam Harus Berdiri Bersama Rakyat Afghanistan

Pada akhir sesi dari pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi bersama dengan Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha, mengatakan dana kemanusiaan akan dibentuk untuk membantu warga Afghanistan.

Dilansir Yeni Safak, dana tersebut akan didirikan di bawah naungan Bank Pembangunan Islam, berfungsi sebagai penyambung untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

Pertemuan pada hari Minggu itu juga telah sepakat untuk meluncurkan program ketahanan pangan bagi Afghanistan dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan pangan di negara itu.

OKI juga akan menunjuk perwakilan khusus Afghanistan untuk mengkoordinasikan bantuan.

Sementara itu, Qureshi menambahkan sanksi internasional dan Dewan Keamanan PBB tidak boleh menghalangi pemberian bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan.

“Perlunya dirasakan untuk menjalin kemitraan antara OKI dan PBB untuk menyalurkan sumber daya yang akan dijanjikan dalam hal bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan,” kata Qureshi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X