Oknum TNI AU Pijak Kepala Orang Papua, Veronica Koman: Harus Diadili di Pengadilan Sipil!

- Rabu, 28 Juli 2021 | 12:58 WIB
Momen oknum TNI AU injak kepala orang Papua tunawicara. (Ist)
Momen oknum TNI AU injak kepala orang Papua tunawicara. (Ist)

Insiden oknum anggota TNI AU injak kepala orang Papua tunawicara menyita perhatian publik. Publik ramai-ramai mengecam tindakan tak terpuji yang dilakukan oleh Serda Dimas Harjanto dan Prada Vian Febrianto tersebut.

Salah satu yang sangat menyoroti kasus itu adalah aktivis HAM pembela Papua, Veronica Koman.

Ia mendesak kedua oknum anggota  TNI AU tersebut diadili di pengadilan sipil.

"Anggota TNI AU Serda Dimas dan Prada Vian harus diadili atas tindakan rasisnya ini di pengadilan sipil," kata Koman, dikutip Indozone dari cuitan Twitter-nya, Rabu (28/7/2021).

Koman mengabarkan bahwa akun jurnalis Victor Mambor menghilang sejak mengunggah video tersebut. 

Ia pun menyerukan tagar #PapuanLivesMatter karena kasus ini persis dengan kasus yang dilakukan oleh polisi AS Derek Chauvin terhadap pria kulit hitam George Floyd, yang mengakibatkan Floyd meninggal dunia pada 20 Mei 2020 lalu.

"When we say #BlackLivesMatter that includes #PapuanLivesMatter," kata Koman.

Menurut Koman, permintaan maaf dari TNI AU saja tidak cukup. Permintaan maaf harus disertai dengan pengadilan di pengadilan sipil.

Ia berkaca dari kasus terdahulu di mana tak ada satupun anggota TNI rasis yang dipenjara.

"Permintaan maaf tidak akan diterima hingga Serda Dimas dan Prada Vian diadili di pengadilan sipil. Tidak ada satu pun dari lima anggota TNI rasis pemicu Papua meledak 2019 yang berakhir dipenjara," katanya.

Koman pun lantas mengungkit kembali kasus yang terjadi terhadap Obby Kogoya di Yogyakarta pada 15 Juli 2016 silam. Ia tak sudi bila pelaku disebut "oknum".

"Oknum? Insidental? Malah pernah korban rasisme Obby Kogoya jadi yang divonis bersalah oleh pengadilan. Yogyakarta, 2017," cuitnya, sembari membagikan foto Obby Kogoya saat diinjak dan hidungnya dicokok dengan jari.

-
Kasus aniaya terhadap Obby Kogoya di Yogyakarta pada 2017 silam.(Twitter Veronica Koman)

Seperti diketahui, dalam video yang viral, penginjakan kepala itu bermula dari perselisihan antara pria Papua tunawicara (bisu-tuli) dengan seseorang di sebuah warung. Saat itu, pria Papua itu diduga mabuk. Ia terlihat marah terhadap seseorang dan ia membuka bajunya. Seorang pria bertopi mencoba menenangkannya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X