Usut Kecelakaan Maut Balikpapan, Mabes Polri Kerahkan Tim TAA

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:08 WIB
Tangkapan layar dari rekaman CCTV. (Istimewa)
Tangkapan layar dari rekaman CCTV. (Istimewa)

Kecelakaan maut yang terjadi di Balikpapan, Kalimantan Timur turut menyita perhatian Mabes Polri. Mabes Polri dalam hal ini Korlantas Polri bakal menerjunkan tim Traffic Accident Analysis (TAA) untuk mengusut kasus kecelakaan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo. Irjen Dedi menyebut Korlantas Polri bakal menerjunkan tim TAA.

"Ditlantas Polda dan Resta Balikpapan sudah turun nanti di Mabes Polri, Korlantas (menurunkan) tim TAA ke TKP," kata Irjen Dedi kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Irjen Dedi menyebut tim tersebut akan membantu proses penyelidikan terkait penyebab kecelakaan itu.

"Tim TAA ke TKP untuk back up proses pembuktian secara ilmiah penyebab laka menonjol tersebut yang mengakibatkan saat ini lima orang meninggal dunia dan luka-luka," beber Dedi.

Sekedar informasi, tim atau metode TAA merupakan suatu proses rekonstruksi terjadinya insiden kecelakaan. TAA dikakukan agar pihak kepolisian mendapatkan kronologi yang akurat mengenai insiden kecelakaan tersebut.

TAA juga bertujuan agar polisi memperoleh informasi seputar teknis, kondisi pelaku maupun korban saat kecelakaan bahkan kebenaran mengenai informasi yang terkumpul pasca insiden kecelakaan maut tersebut.

Selain itu, dalam pelaksanaanya, TAA juga menggunakan alat-alat yang modern. TAA juga bertujuan mengetahui penyebab kecelakaan dengan akurat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X